Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Model-Model Awal Tentang Kepribadian

Sumber dan Artikel Top






Richard Montgomery (penulis buku bagus People Patterns - Panduan Modern 4 Temperamen) menyebutkan bahwa asal usul 4 jenis temperamen dapat diidentifikasi lebih awal dari pada jaman Yunani Kuno, sebut saja di dalam Injil Perjanjian Lama (590 sebelum masehi), Nabi Ezekiel (Bab1 ayat 10) menggambarkan 4 macam wajah manusia yang dilambangkan oleh 4 makhluk yang muncul dari dalam kabut, sebagai berikut:

"Adapun wajah mereka tampak masing-masing seperti seorang lelaki, wajah seekor singa, i baian sebelah kanan, sedangkan di sebelah kiri sebuah wajah seperti sapi dan sebuah wajah seperti elang".

Montgomery menambahkan atribut karakteristik kepribadian pada setiap wajah, yang ia hubungkan dengan intepretasi modern atas 4 jenis temperamen adan juga ide pemikiran Hipokrates seperti tampak di bawah ini:


Ezekiel 590 SM
Hippocrates 370 SM
singaberanidarahceria
sapikuatenzim hitam
suram
lelakimanusiaenzim kuning
antusiasme
elangpandangan jauh
lendirkalem

N.B. Karakteristik Ezekiel, (berani, kuat, manusiawi, berpandangan jauh), tidak disebutkan dalam Injil - ini diatributkan oleh Montgomery. Sama halnya jga dengan penggambaran arti dalam Hippocrates.

Belakangan ada Galen (130-201 M), seorang dokter Yunani, menginTepretasikan pemikiran Hippocrates ke dalam 4 jenis temperamen. Hingga kini penggambaran oleh Galen tersebut masih bertahan meski telah melalui hampir 2000 tahun.


Hippocrates 370 SMGalen 190 M
ceriaoptimis
surammelankolis
antusiasaktif
kalembersikap dingin

Pemikiran tentang 4 jenis temperamen terus berlanjut oleh para pemikir sejak awal hingga sekarang. Meski intepretasinya atau deskripsinya tampak berbeda, namun secara relatif ada konsistensinya seperti terlihat dalam tabel di bawah. Bahkan kamus Brewer (1870) merefer secara jelas ke 4 jenis temperamen menggunakan nterpretasi Galen.

4 Jenis temperamen juga memberikan banyak insprasi dan referensi atas pemikiran Carl Jung, yang kemudian menjadi dasar dari teori dan pengembangan sistem asesmen kepribadian modern Myers Briggs'® dan David Keirsey :


Isabel Myers 1950-anGalen 190 MDavid Keirsey 1998
SP (sensing-perceiving)optimisterampil
SJ (sensing-judging)melankolispelindung
NF (intuitive-feeling)aktifidealis
NT (intuitive-thinking)bersikap dingin
rasional

N.B.: Tolong diingat bahwa ada hak cipta dalam menggunakan model MBTI® dan Keirsey sehingga jangan sembarangan menggunakannya agar anda tidak dituntut.

Interpretasi David Keirsey atas 4 Jenis Temperamen digambarkan oleh Montgomery dalam matriks 2x2, yang menunjukkan perspektif modern yang menarik dan sangat membantu jika anda ingin mencba menggunakannya. Bisakah anda melihat diri anda, bercermin dari matriks di bawah ini?


terampil
berkata APA,
melakukan YG BERFUNGSI
rasional
berkata APA YG MUNGKIN,
melakukan YG BERFUNGSI
pelindung
berkata APA,
melakukan APA YG BENAR
idealis
berkata APA YG MUNGKIN,
melakukan APA YG BENAR

Perlu diingat bahwa tak ada orang yang secara khusus berada di salah satu tipe temperamen diatas. Meski demikian, setiap orang tentu memiliki salah satu tipe yang dominan, yang diperkuat dan bercampur dengan tipe yang lain. Beda orang beda pula pencampuran atau kombinasi dan dominannya, dan tampaknya tak ada orang yang memiliki pembagian yang seimbang, tentu ada yang dominan.

Hampir semua orang menyesuaikan gaya atau tipenya dengan situasi yang berbeda. Orang-orang tertentu bahkan dapat dengan mulus nebyesuaikan gaya mereka dengan situasi tertentu. Manfaat dari kemampuan menyesuaikan diri tersebut akan mampu membuat dirinya lebih survive, sesuai dengan Hukum ke 1 Sibernetik ('1st Law Of Cybernetics'), yang berbunyi: "Sesuatu yang berada dalam sebuah sistem dimana ia memiliki perilaku yang paling responsif -lah yang bisa mengendalikan sistem tersebut".

Kemampuan beradaptasi atau mampu memainkan gaya personal yang berbeda dalam merespons situasi yang berbeda memang masih diperdebatkan sebagai kemampuan yang paling kuat yang dapat dimiliki seseorang. Memahami model-model kepribadian seperti halnya 4 jenis temperamen tentu akan sangat membantu dalam memahami diri dan beradaptasi tersebut. Memahami kepribadian akan membantu kita mengenali perilaku da tipe diri dan orang lain. an mengenali perilaku jelas merupakan prasyarat untuk menyesuaikan perilaku diri dan juga membantu orang lain beradaptasi juga.

sssssss



0 komentar: