Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Teori dan Model Tipe Kepribadian - Introduksi

Sebagai pengantar dari semua teori dan model kepribadian, penting disadari bahwa tak ada satupun yang secara penuh memahami kepribadian yang mana yang dipengaruhi oleh faktor genetika dan keturunan, dibandingkan dengan pengaruh dari pertumbuhan, budaya, lingkungan dan pengalaman. Hampir semua studi mengindikasikan masing-masing faktor diatas memberi pengaruh, secara kasar fifty-fifty, meski bagi setiap orang berbeda-beda.

Dari studi itu mungkin separuh dari kepribadian kita ditentukan oleh pengaruh yang kita dapatkan setelah lahir, dan perlu dicatat juga bahwa tak ada yang tahu persis kepribadian yang mana yang berubah dari waktu ke waktu.

Tentu saja masa kecil sangat berpengaruh besar dalam pembentukan kepribadian kita. Tentu juga trauma utama pada setiap tahap kehidupan dapat merubah kepribadian seseorang secara fundamental. Tentu juga banyak orang terlihat matang secara emosional sejalan dengan umur dan pengalaman. Tetapidiluar itu semua, sangat sulit untuk mengatakan secara tepat tentan bagaimana dan kapan kepribadian itu berubah.

Jadi, dimana kita bisa menarik garis dan mengatakan kepribadian itu tetap dan kokoh? Yang pasti jawabannya tidak bisa!

Namunkita bisa mengidentifikasi secara umum gaya, ciri, bakat, sensitivitas dll dari kepribadian seseorang, terutama jika kita memahami bagaimana mendefinisikan dan mengukur tipe-tipe dan gaya tersebut. Tentu saja ini lebih baik ketimbang tidak sama sekali mengetahuinya.

Karena itu kegunaan dari informasi tentang gaya dan tipe kepribadian adalah memberikan kesadaran yang lebih luas dan terakses atas tipe kepribadian, dan bisa mengintepretasikan, menentukan dan mengenali perilaku dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga pula bisa mngetahui lebih baik aas diri sendiri dan orang lain di sekitar kita.

Selamat Mengikuti!


0 komentar: