My Ping in TotalPing.com

Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Telinga Sakit Tiba-Tiba

Umumnya kejadian ini terjadi pada anak-anak, yang dapat menyebabkan kepanikan dari orang tua. Jika hal ini terjadi, tindakan pertama berikan anak anda obat untuk mengurangi rasa sakit, seperti obat penurun panas, juga dapat mengurangi rasa sakit.

Penyebab rasa sakit pada anak-anak, biasanya didahului adanya flu, batuk pilek atau panas.

telinga dalam

Hal ini disebabkan terdapat saluran penghubung antara hidung/tenggorokkan dengan telinga (tuba eustachia), sehingga infeksi dari hidung/tenggorokkan dapat menjalar ke telinga.

Penyaki ini dalam istilah medis disebut Otitis Media Akut atau istilah awam Infeksi Akut Telinga Tengah. Segera bawa anak ke dokter untuk mendapat pengobatan, karena jika penyakit berlanjut dapat mengakibatkan gendang telinga akan robek, sehingga telinga akan berair.

Sakit telinga tiba-tiba juga dapat terjadi apabila terdapat perubahan tekanan, seperti pada saat di dalam pesawar terbang. Hal ini dapat terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Saluran penghubung antara hidung/tenggorok dan telinga akan tertutup akibat tekanan, yang dapat terbuka kembali apabila kita menelan sesuatu, seperti minum / makan permen atau dengan mencoba meniup udara tapi mulut dan hidung ditutup sampai terasa tekanan ke telinga tebuka.

Persiapkan sesuatu yang dapat dimakan jika pergi dengan pesawat terbang, karena banyak maskapai penerbangan yang tidak menyediakan permen secara cuma-cuma saat ini.

Untuk bayi, tundalah memberikan susu 1- 2 jam sebelum keberangkatan dengan pesawat, sehingga pada saat di pesawat kita dapat memberikan susu, hal ini akan mengurangi tekanan pada telinga. Ada juga yang menutup telinga dengan kapas, hal ini hanya akan mengurangi suara yang terlalu keras, yang dapat juga merusak pendengaran.

0 komentar: