Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

PENGIRIS KERIPIK

Berfungsi untuk mengiris keripik dengan ketebalan yang bisa di atur sesuai keinginan

Baco Salengkapnyo...

AYAM PELECING



Bahan :
½ kg dada ayam taburi garam, goreng lalu disuwir kasar (seharusnya dibakar lalu disuwir)
1 buah Jeruk limau

Bumbu halus :
8 buah cabai merah
5 buah cabai rawit merah
1 buah tomat merah
2 butir bawang merah
1 sdt terasi
Garam secukupya
Gula pasir secukupnya (optional)

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum masukan ayam suwir dan beri air 50ml aduk rata, masak terus sampai bumbu meresap dan air habis ( kering ).
Sajikan dengan perasan air jeruk limau.

Baco Salengkapnyo...

Siapa yang tidak ingin sukses?

Banyak orang yang memimpikan suatu kesuksesan di masa depannya. Kesuksesan merupakan tantangan luar biasa bagi mereka. Mereka memimpikannya, membicarakannya tapi kebanyakan mereka tidak menjalaninya. Itu sangat disayangkan.

Kebanyakan orang tidak memahami apa arti sebenarnya dari sukses itu. Sukses bukanlah suatu hal yang “instan”. Sukses juga bukan hasil dari keberuntungan. Sukses bukan tujuan tetapi gaya hidup. Satu-satunya cara untuk meraih sukses sejati adalah dengan melakukannya setiap hari. Mula-mula kita membentuk kebiasaan, kemudian kebiasaan itu lah yang kemudian membentuk kita. Yang perlu kita ingat adalah membentuk kebiasaan sukses adalah semudah membentuk kebiasaan gagal.



Setiap hari kita hidup, kita sedang menjalani proses menjadi sesuatu. Menjadi seeorang yang lebih baik atau lebih buruk semuanya bergantung kepada apa kita lakukan dan apa yang ada dalam pikiran kita.
Neh ada beberapa trik dan tips membuat diri kita sukses yang diambil dari salah satu buku Best Seller, moga-moga dapat berguna bagi kita semua…AMIN dah =p

1. Buatlah komitmen untuk bertumbuh setiap hari
Satu dari kekeliruan terbesar yang dibuat oleh orang-orang adalah memiliki fokus yang salah. Sukses bukan datang dari membeli, meraih, atau memperoleh sesuatu. Sukses di masa depan datang sebagai hasil dari pertumbuhan. Jika kita membuat sasaran untuk bertumbuh sedikit demi sedikit setiap hari, maka tak lama kemudian kita akan mulai melihat hasil positif dalam kehidupan kita.
Ingat jika ingin sukses, kita musti bekerja keras dan cerdas. Tak ada sesuatu yang instan. Jika kita mengalami kegagalan sikapilah hal tersebut sebagai awal dan pengalaman yang akan membawa kita pada kesuksesan di masa depan.

2. Hargai proses lebih dari peristiwa yang terjadi
Peristiwa dalam jangka waktu tertentu dapat kita gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, tetapi proses perubahan dan pertumbuhan memiliki nilai yang kekal. Jika kita menginginkan tingkat kehidupan yg lebih baik, berusaha dan bertekadlah untuk terus-menerus memperbaiki diri kita.

3. Jangan menunggu inspirasi
Orang-orang menjadi besar karena mereka memotivasi diri dan memberikan yang
terbaik dari hidup mereka, tanpa menghiraukan sgala rintangan yang mereka rasakan.
Jerry West (pemain NBA kondang) : ” Kita tidak dapat melakukan banyak hal di dunia kita, jika kita hanya bekerja pada hari-hari yang menyenangkan saja”


4. Bersedia mengorbankan kesenangan demi kesempatan
Waaaahh..ini hal yang sangat sulit buat dilakuin. Kebanyakan orang ikut pepatah
“bersenang senang dahulu bersakit-sakit kemudian”. Hal tersebut juga berlaku buat gw =p.
Dalam hidup ini, kita harus membayar untuk segala hal. Bedanya hanyalah waktu pembayaran ( bayar di muka atau di belakang )..Nah lho kog kyk kredit sih???
Jika anda membayar sekarang, kita akan mendapatkan imbalan yang lebih besar di kemudian hari dan imbalan itu juga terasa lebih manis dan menyenangkan.


5. Memiliki impian besar
Tidak ada alat apapun di muka bumi ini yang dapat mengukur keterbatasan seorang manusia. Ketika seseorang mengejar impiannya, mereka jauh melampaui apa yang kelihatannya menjadi keterbatasan mereka. Potensi yang ada dalam diri kita tidak terbatas dan masih banyak yang belum dijelajahi. Saat dimana kita memikirkan keterbatasan diri kita maka pada saat itu juga kita menciptakannya sendiri.

6. Urutkan prioritas
Satu kesamaan yang dimiliki semua orang sukses adalah mereka menguasai
kemampuan mengorganisasi manajemen waktu. Yang pertama dan yang paling utama, mereka dapat mengorganisasi diri sendiri.
Kita tidak akan pernah mendapatkan kembali waktu yang hilang, jadi optimalkan setiap waktu yang ada dengan mengambil peluang-peluang positif yang berguna.

7. Berkorban untuk memperoleh peningkatan.
Tidak ada sesuatu yang berharga diperoleh tanpa pengorbanan. Hidup dipenuhi oleh
kejadian-kejadian kritis ketika kita mendapatkan kesempatan menukarkan milik kita yang berharga dengan yang lainnya. Still Open your eyes. Pastikan hal tersebut selalu membuat anda sedang naik bukan turun.

Jika kita mendedikasiakan diri kita kepada 7 langkah diatas, kita akan tetap meningkatkan diri kita, dan akan menuju pada kesuksesan. Pertumbuhan tiap orang berbeda. Mungkin kita tidak sepesat yang lainnya, tapi kita akan melihat kemajuan kita sendiri hampir dalam seketika tanpa kita sadari.

Dan meskipun pengakuan dari orang lain berlangsung dengan lambat, jangan pernah putus asa. Tetap lakukan dan pada akhirnya niscaya kita akan sukses. Mari kita ambil langkah pertama kita secara bersama-sama dalam meraih kesuksesan..Itulah beberapa rahasia masa depan gemilang yang dapat kita resapi.

Salam Sukses ^^
Gud Luck,,,,

Baco Salengkapnyo...

KISAH GAGASAN TANPA BATAS


Majalah Life menggelari manusia nomor satu di millennium ke dua. Jumlah barang-barang yang berhasil diciptakannya membuat orang menahan nafas yaitu 1093 buah.. GILA!!!..kemampuan yang sangat luar biasa. Ia mempatenkan penemuannya lebih banyak daripada siapapun di dunia ini, kurang lebih satu kali setiap tahun selama enam puluh lima tahun berturut-turut. Dialah Thomas Alva Edison.


Banyak orang yang mengakui kemampuan Edison memiliki kreativitas yang luar biasa dan jenius. Tapi ia menamakannya sebagai hasil dari kerja keras. Menurutnya rahasia kesuksesan masa depannya berasal dari 99 % dedikasi dan 1 % inspirasi, dan juga ditentukan oleh sikap positif.

Edison adalah seorang optimis yang bisa melihat hal terbaik di dalam segala sesuatu. “Jika kita melakukan semua hal yang bisa kita lakukan,” katanya, ”kita akan membuat diri kita luar biasa”. Ketika membutuhkan sepuluh ribu kali percobaan untuk mencari bahan yang paling tepat untuk membuat bola lampu, ia tidak memandangnya sebagai kegagalan. Dengan segala upayanya ia berhasil mengumpulkan informasi mengenai apa yang tidak berhasil, mengarahkannya menjadi lebih dekat pada solusi.


Ia tidak pernah ragu akan menemukan bahan yang tepat. Keyakinannya dapat disimpulkan dengan pernyataannya sendiri : “Kebanyakan dari hidup yang gagal adalah orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekatnya mereka pada kesuksesan pada saat mereka menyerah.

Mungkin peristiwa yang paling mencatat sikap positif Edison berasal dari bagaimana ia memandang suatu kejadian tragis pada saat umurnya mencapai enam puluh tahun. Laboratorium yang dibangunnya di West Orange, West Jersey terkenal di seluruh dunia. Ia menamakan kompleks dengan enam belas bangunan itu sebagai pabrik ide. Bangunan utamanya sangat megah dan memiliki ukuran tiga kali lebih besar dari lapangan sepak bola. Disanalah ia menciptakan penemuan baru, mengembangkan prototipe, memproduksi barang-barang, dan mengirimkannya kepada para pelanggan.

Edison sangat menyukai tempat itu, tetapi oada bulan Desember 1914, laboratorium favoritnya dilalap api. Saat ia berdiri di luar dan memperhatikan api menghabiskan gedung kebanggaannya. Kebanyakan orang mengira Edison akam hancur oleh insiden ini. “Aku berumur enam puluh tujuh , katanya setelah tragedy,” tapi belum terlalu tua untuk memulai yang baru. Aku telah melalui banyak peristiwa seperti ini”.
Banyak orang mengira masa depannya akan tamat waktu itu juga.

Kemudian ia lalu membangun lab-nya kembali, dan tetap bekerja selama tujuh belas tahun berikutnya. Ia meninggal pada usia delapan puluh empat, dengan ribuan barang temuannya yang sangat berguna dalam kehidupan manusia.
Jika Edison bukan merupakan pribadi yang positif, ia tidak akan pernah meraih kesuksesannya sebagai penemu. Jika kita melihat orang-orang di berbagai profesi mereka yang berhasil meraih kesuksesan yang abadi, kita akan menemukan bahwa mereka hampir selalu memiliki pandangan positif terhadap kehidupan.


---Tidak ada kekalahan kecuali tidak lagi mencoba. Tidak ada kekalahan yang menyelamatkan, tidak ada halangan yang tidak dapat ditembus, yang layak dijadikan alas an kelemahan tekad kita dalam mencapai tujuan – Elbert Hubbard----

Baco Salengkapnyo...

WORTEL, TELUR DAN KOPI

Seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan
menanyakan mengapa hidup ini terasa begitu berat baginya. Ia tidak
tahu bagaimana menghadapinya dan hampir menyerah. Ia sudah lelah
untuk berjuang. Sepertinya setiap kali satu masalah selesai, timbul
masalah baru. Ayahnya, seorang koki, membawanya ke dapur. Dengan bijak dia menunjukkan suatu rahasia pada anaknya. Ia mengisi
3 panci dengan air dan menaruhnya di atas api.

Setelah air di panci-panci tersebut mendidih. Ia menaruh
wortel di dalam panci pertama, telur di panci kedua dan ia menaruh
kopi bubuk di panci terakhir. Ia membiarkannya mendidih tanpa
berkata-kata. Si anak membungkam dan menunggu dengan tidak sabar,
memikirkan apa yang sedang dikerjakan sang ayah. Setelah 20 menit,
sang ayah mematikan api. Ia menyisihkan wortel dan menaruhnya di
mangkuk, mengangkat telur dan meletakkannya di mangkuk yang lain,
dan menuangkan kopi di mangkuk lainnya.


Lalu ia bertanya kepada anaknya, "Apa yang kau lihat,
nak?" "Wortel, telur, dan kopi" jawab si anak. Ayahnya mengajaknya
mendekat dan memintanya merasakan wortel itu. Ia melakukannya dan
merasakan bahwa wortel itu terasa lunak. Ayahnya lalu memintanya
mengambil telur dan memecahkannya. Setelah membuang kulitnya, ia
mendapati sebuah telur rebus yang mengeras. Terakhir, ayahnya
memintanya untuk mencicipi kopi. Ia tersenyum ketika mencicipi kopi
dengan aromanya yang khas. Setelah itu, si anak bertanya, "Apa arti
semua ini, Ayah ?"

Ayahnya menerangkan bahwa ketiganya telah
menghadapi 'kesulitan' yang sama, melalui proses perebusan, tetapi
masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda. Wortel sebelum
direbus kuat, keras dan sukar dipatahkan. Tetapi setelah direbus,
wortel menjadi lembut dan lunak. Telur sebelumnya mudah pecah.
Cangkang tipisnya melindungi isinya yang berupa cairan. Tetapi
setelah direbus, isinya menjadi keras. Bubuk kopi mengalami
perubahan yang unik. Setelah berada di dalam rebusan air, bubuk kopi
merubah air tersebut.

"Kamu termasuk yang mana ?," tanya ayahnya. "Ketika
kesulitan mendatangimu, bagaimana kau menghadapinya? Apakah kamu
wortel, telur atau kopi ? "Apakah kamu adalah wortel yang
kelihatannya keras, tapi dengan adanya penderitaan dan kesulitan,
kamu menyerah, menjadi lunak dan kehilangan kekuatanmu."

"Apakah kamu adalah telur, yang awalnya memiliki hati
lembut ? Dengan jiwa yang dinamis, namun setelah adanya kematian,
patah hati, perceraian atau pemecatan maka hatimu menjadi keras dan
kaku. Dari luar kelihatan sama, tetapi apakah kamu menjadi pahit dan
keras dengan jiwa dan hati yang kaku ?"

"Ataukah kamu adalah bubuk kopi ? Bubuk kopi merubah air
panas, sesuatu yang menimbulkan kesakitan, untuk mencapai rasanya
yang maksimal pada suhu 100 derajat Celcius. Ketika air mencapai
suhu terpanas, kopi terasa semakin nikmat." "Jika kamu seperti bubuk
kopi, ketika keadaan menjadi semakin buruk, kamu akan menjadi
semakin baik dan membuat keadaan di sekitarmu juga membaik."

Itulah nasehat bijak dari ayahnya. Hal itu juga pastinya berhubungan dengan diri kita semua. Apakah kita memiliki semangat gigih dalam menghadapi suatu masalah. Semuanya ditentukan oleh diri kita sendiri untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

"Ada raksasa dalam setiap orang dan tidak ada sesuatupun yang mampu
menahan raksasa itu kecuali raksasa itu menahan dirinya sendiri …".



Baco Salengkapnyo...

William Pitt dan Dingin




Ini kisah tentang William Pitt (1759-1806), seorang negarawan dan Perdana Menteri Inggris tahun 1783-1801, yang suatu saat sedang berusaha mendapatkan persetujuan Parlemen untuk mengirim armada angkatan laut untuk melawan Perancis.

Tetapi Menteri Keuangan Lord Newcastle, mempunyai keberatan tertentu, dan ketika Pitt mengunjungi sang Menteri untuk mencari titik temu atas perbedaan diantara mereka, ia mendapati sang Menteri terbaring sedih di tempat tidur dan menderia sakit encok.

Tempat tidur itu terasa dingin membeku, dan ketika Pitt bertanya tentang hal itu Lord Newcastle menjawab bahwa cuaca yang dingin akan meghalangi gerak armada kapal, apalagi kalau encok menyerang.

Pitt segera menyadari itulah akar permasalahannya. Dengan meminta maaf, Pitt dengan tenang melepaskan sepatu bootnya, naik ke tempat tidur yang lain (ada dua tempat tidur di kamar itu) menyingkap penutupnya, dan keduanya dapat berdiskusi dan segera bisa bermufakat atas cara menggerakkan armada Inggris.


Baco Salengkapnyo...

Bakat Sebagai Jalan Sukses




Sumber dan Artikel Top







My Social Blogs
Kenal dong sama Tukul Arwana?
Pembawa acara sekaligus pelawak di salah satu TV swasta ini, dengan bakat yang dimiliki bisa meraih sukses sebagai salah satu entertainer dengan honor tinggi. Dia bisa memanfaatkan kekuatan yang ada semaksimal mungkin dengan cara menggali dan mengasah bakat-bakatnya, sehingga keterbatasannya menjadi tidak lagi relevan. Bisa dikatakan, Tukul sudah menemukan jalan menuju kesuksesannya. Apakah kita ingin menemukan jalan sukses? Pastinya semua orang berkeinginan untuk menjadi orang sukses, walaupun mungkin kita sendiri belum tahu betul dan belum jelas kesuksesan apa yang diharapkan.

Banyak buku yang menjabarkan cara meraih kesuksesan, tetapi tidak banyak yang memberikan penjelasan mengenai jalan seperti apa yang harus dilalui untuk menuju kesuksesan.

Salah satu cara untuk mengetahui jalan kesuksesan adalah dengan menemukan bakat (talent) yang dimiliki. Perpaduan antara bakat bersama ilmu dan ketrampilan serta lingkungan, akan mengarahkan seseorang dalam menemukan kekuatan (strength) dirinya, sehingga ia akan lebih mudah mencapai kesuksesan.

PENERAPAN BAKAT SEBAGAI STRENGTH




Pernahkah suatu kali kita terkesan dengan penampilan teman? Lalu kita berkomentar menyanjung-nyanjung teman kita itu? "Kok, gimana dia bisa ya?", atau "Wah, dia luwes banget ya".

Komentar-komentar ini biasanya terlontar saat kita menyaksikan sesuatu yang hebat, yang membuat kita merasa hal itu tidak mungkin dapat kita lakukan. Seolah-olah kita berkata, "Hal itu mudah bagi dia, tapi tidak mungkin bagiku". Ternyata pikiran itu salah besar, karena segala sesuatu bisa dilakukan dengan cara membangun, mengungkapkan dan mencurahkan pikiran, perasaan, dan perilaku secara alami, dengan menampilkan diri kita apa adanya. Inilah yang disebut dengan bakat.

Jika seorang customer service yang dituntut berperilaku ramah setiap saat, yang berusaha membantu menyelesaikan masalah yang dialami pelanggan, maka ia akan sangat handal melakukan pekerjaan itu karena sudah memiliki keterampilan dan pengetahuan. Kemudian keterampilan dan pengetahuan itu diaktualisasikan sehingga dengan cepat ia akan sangat terampil menghadapi pelanggan. Ia sudah tahu apa yang akan disampaikan pelanggan bahkan sebelum mereka mengatakannya, dan ia akan dengan mudah menyelesaikan masalah yang mereka sampaikan.

Mau tahu lebih jauh soal bakat?
Silakan baca selanjutnya "Proses Menemukan Bakat" bagi anda, klik disini.
Sumber: Talents Mapping




KENALI BAKAT ANDA
YOUR MAP TOWARD SUCCESS!

Hati-hati dengan agen yang nakal.
Hubungi Sinergi Consulting : Jl. Sudirman 2, Jakarta-Pusat, di nomor ini o8129323182
untuk mendapatkan harga khusus.

Baco Salengkapnyo...

Pentingnya Bakat


Sumber dan Artikel Top







My Social Blogs
Kenapa kita perlu mengenali bakat….??
Tentu Penting, karena bakat adalah unsur dasar potensi dalam diri untuk mewujudkan sebuah prestasi. Nah, agar prestasi yang dicapai bisa lebih optimal, maka dibutuhkan hal lain yaitu keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Perpaduan antara ketiganya kemudian disebut sebagai kekuatan (Strength).

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berinteraksi dengan berbagai perilaku orang. Perilaku-perilaku itu acap kali kita anggap sebagai dikotomi positif dan negatif. Lain perilaku, lain pula dengan bakat (talent). Dalam sudut pandang bakat, semua bakat adalah positif.

Berbeda dengan perilaku, jika ada perilaku negatif, maka tidak ada bakat negatif, karena bakat selalu positif. Jadi, tidak benar kalau kita berkata ada bakat malas, bakat penakut, bakat bodoh, bakat tidur, bakat nyontek, karena itu semua adalah perilaku.

Dalam keseharian kita juga menemui adanya kelemahan dan kekuatan. Kecenderungan yang dimiliki oleh sebagian (besar) dari kita adalah memperbaiki kelemahan (dikenal dengan istilah Defisit approach/Pendekatan kelemahan) daripada mengembangkan kekuatan (dikenal dengan istilah Strength approach/Pendekatan kekuatan). Tetapi kita sendiri sebenarnya belum memahami arti kelemahan.

”Kelemahan” berbeda dengan ”keterbatasan”. Kelemahan adalah hasil dari hasil pengalaman, yang berkaitan dengan kemampuan dan pengetahuan, sementara keterbatasan adalah sesuatu yang sudah melekat secara alami pada diri manusia sejak lahir.

Kita perlu mengenali keterbatasan yang kita miliki agar proses meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam rangka pengembangan diri bisa optimal. Misalnya, keterbatasan manusia adalah tidak bisa terbang. Makanya, kita perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang seluk-beluk penerbangan. Namun, tetap kita tidak akan bisa terbang.

Nah, bagaimana caranya kita bisa mengenali keterbatasan itu? Caranya adalah dengan mengetahui bakat yang kita miliki, sehingga kita bisa secara langsung mengetahui keterbatasan kita. Contoh, jika kita tidak punya bakat menyampaikan ide, pikiran, gagasan kepada orang lain (bakat : Communication), sebaiknya kita tidak mendalami keterampilan dan pengetahuan sebagai orator atau diplomat. Sebaliknya, jika kita berbakat untuk memberikan pelayanan atau memfasilitasi orang lain (bakat : Belief) maka sebaiknya mendalami ilmu-ilmu dan keterampilan yang berhubungan dengan profesi perawat, psikolog, terapis dan sebagainya.

MENGAPA BAKAT?


Dari sudut pandang produktivitas terbukti bahwa mereka yang bekerja sesuai dengan bakatnya akan memberikan produktivitas optimum .

Dari sisi pandang kesehatan terbukti bahwa mereka yang bekerja sesuai dengan bakatnya hidup lebih sehat dan bahagia.

Dari sisi agama, semua agama menganjurkan untuk bekerja / beramal sesuai dengan bakat, pembawaan, potensi dan kekuatannya masing masing.

Dalam dunia kerja, Strength approach berbasiskan pemanfaatan bakat, dewasa ini dikembangkan dalam pengelolaan SDMnya. Penggunaan strength approach didorong oleh kesadaran adanya kekuatan dari masing-masing individu yang sangat penting untuk meningkatkan prestasi kerja.
Begitu pula dalam lingkungan pendidikan, strength approach penting dikembangkan dalam peningkatan prestasi di bidang masing-masing. Jika kita mengenali bakat yang kita miliki, kita akan lebih mudah untuk memilih bidang studi yang tepat. Pada saat seseorang memilih bidang studi yang sesuai dengan bakatnya, ia akan lebih enjoy dalam menyelesaikan studi sehingga dapat mencapai prestasi gemilang.

Jalan Sukses vs Cara Sukses

Untuk mencapai tujuan, maka jalan yang benar lebih penting ketimbang cara yang benar.

Jalan yang benar selalu berkaitan dengan potensi / kekuatan seseorang / organisasi.

Dengan demikian bagi Individu, Bakat merupakan potensi luar biasa yang harus dikenali dan dimanfaatkan.

Mau tahu lebih jauh soal bakat?
Silakan baca selanjutnya "Bakat Sebagai Jalan Sukses" bagi anda, klik disini.

Sumber: Talents Mapping


KENALI BAKAT ANDA
MAKE YOUR STRENGTH WORK FOR YOU!

Hati-hati dengan agen yang nakal. Hubungi Sinergi Consulting : Jl. Sudirman kav. 2, Jakarta-Pusat, di nomor ini o8129323182 untuk mendapatkan harga khusus

Baco Salengkapnyo...

TUMIS DAUN SINGKONG BELACAN






Bahan:
1 ikat daun singkong
1 buah terasi ABC
1 sdt garam
1 sdt gula
¼ sdt masako rasa ayam
5 butir bawang merah iris tipis
3 butir bawang putih iris tipis
5 buah cabai merah keriting iris serong
1 buah tomat ukuran kecil

Cara membuat :
Rebus daun singkong hingga empuk, angkat tiriskan lalu potong-potong.
Tumis bawang merah, bawang putih hingga harum masukan cabai merah, terasi, aduk rata.
Setelah itu masukan daun singkong tambahkan air, garam, gula, masako dan tomat aduk masak hingga bumbu meresap, angkat.
Siap dihidangkan.

Baco Salengkapnyo...

Apa Itu Etis

Sumber & Artikel Top







My Social Blogs
Penjelasan tentang etika disini akan lebih dalam, tidak sekadar deskripsi umum tentang organisasi yang etis saja karena etika dalam pekerjaan dan bisnis meruakanrefleksi dari aspek-aspekyang mempengaruhi idividu atau lingkungan yang lebih luas.

Tulisan ini dimaksudkan bukan untuk memberitahu anda mana yang etis atau tidak, tetapi untuk membantu kita menentukan bagi kita sendiri dengan cara yang lebih baik, apa itu etis dan tidak etis.

Jadi, apa itu etis?

Jawaban singkatnya, sayangnya tidak ada. Tidak ada atran mutlak apa itu etis dan tidak etis.

Definisi yang ada selama ini memang dibuat untuk lebih memdahkan pemahaman.

Definisi yang sederhana dan umum dipakai untuk kata etis adalah 'fair' atau 'adil', dalam pengertian yang luas. Ini tentu bukan definisi ilmiah yang baku, tetapi sebagaimana akan jelas nanti, bahwa akan sangat sulit mendefinisikannya secara ilmiah dan pasti tentang etis itu.

Contohnya, Undang-undang Perlindungan Konsumen Inggris yang baru dan efektif berlaku sejak 6 Mei 2008, dimana para pebisnis harus memperhatikan akibat dari peratran baru itu kalau hendak menjual produk atau jasa kepada konsumen. Sebelumnya cara-cara yang dipakai sudah dianggap (tetapi hanya sekedar) tidak etis, tetapi sekarang sudah dijadikan ilegal.

Definisi menurut English Dictionary menyebutkan:"Ethical - Relating to moral principles or the branch of knowledge dealing with these..."

Yang menarik, definisi itu dilengkapi dengan contoh:"...Benar secara moral: Dapatkah bisnis yang menguntungkan bisa etis?

Moral atau moralitas biasanya muncul dalam upaya merumuskan pengertian etis. Moralitas itu sendiri didefinisikan oleh Oxford English Dictionary sebagai ".... prinsip-prinsip yang berhubungan dengan pembedaan antara benar dan salah atau perilaku baik dan buruk ....," Jelas terlihat definisi tersebut tidak iliah dan pasti.

Bagusnya, kamus tersebut membantu dengan memberikan penjelasan tambahan tentang etika, yang rangkmannya begini:

Filosofi etika di dunia Barat secara umum dapat dibagi menjadi 3 tipe:
  • Kebaikan (virtue) seperti keadilan, kedermawanan dankemurahan hati yang memberi mafaat bagi yang bersangkutan dan masyarakat sekitarnya. (Berdasarkan ide Aristoteles)
  • Etika adalah pusat dari moralitas - tugas manusia - berdasarkan pada rasa hormat dari orang-orang yang rasional terhadap orang yang rasional. (Ini didukung oleh Kant)
  • Prinsip yang menjadi panduan, didasarkan pada tindakan yang menghasilkan kebahagiaan terbesar atau manfaat bagi orang banyak, (Ini merefer pada utilitarianisme)
Jelas kan, kalau memang sulit mendefinisikan etis secara pasti.

Ok, dalam hal yang praktis, diluar apa yang diliputi oleh hukum atau standar-standar yang lain, sesuatu itu dikatakan etis atau tidak oleh masyarakat (media, pasar, pelanggan, dll), biasanya adalah opini secara umum. Sama seperti halnya moralitas. Kedua konsep itu - etika dan moralitas - sangat subyektif dan merupakan refleksi suatu masyarakat dan budaya, dan tentu saja dapat berubah pengertiannya sejalan dengan waktu dan situasi.

Isu atas etika tertentu saat ini ada yang sudah dimasukkan ke dalam peraturan dan perundangan. Dalah hal seperti itu, etika menjadi pasti (lihat kasus di Inggris diatas).

Etika yang tidak diatur oleh undang-undang biasanya menjadi persoalan pertimbangan, khususnya oleh alasan mayoritas, artinyamayoritas orang (secara siknifinan) memandang atau menentukan apakah sesuatu itu etis atau tidak.

Dalam keidupan atau dunia pekerjaan, opini -terutama dalam skala besar- akan lebih menentukan dari pada aturan atau hukum, khususnya dalam hubungannya dengan pasar, publisitas, dan sikap masyarakat, yang berwujud dala perlaku pelanggan dan karyawan.

Misalnya, secara hukum adalah pelanggaran kalau mengendarai mobil agak sedikit lebih cepat dari batas kecepatan, tetapi kebanyakan orang melihatnya sebagai dapat diterima, jadi ok-lah (lihat saja di jalan tol kita). Contoh lain adalah maling diamuk massa, sepeda motor jalan seenaknya, dll.

Jadi, tapaknya sikap masyarakat lebih berkuasa daripada hukum. Hukum adalah refleksi dari sikap dan toleransi publik, bukan sebagai akibat darinya.

Jadi jangan sekali-kali menganggap remeh pentingnya pertimbangan etika karena ia dapat secara subyektif menentukan atau menghakimi, dan sulit memastikannya secara hukum. Opini publik adalah hukuman paling keras yang tak terampuni.


Baco Salengkapnyo...

Tanggung Jawab dan Etika Korporasi

Sumber dan Artikel Top







My Social Blogs
Bisnis masa kini tidak akan langgung jika tidak dibarengi dengan etika. Hal ini tentu sangat jauh berbeda dengan konsep era industri yang cenderung menghalalkan segala cara, mengejar keuntungan sebesar-besarnya tanpa menghiraukan etika dan kepentingan orang lain, lingkungan hidup dan generasi masa datang.

Kepemimpinan dan Pengambilan keputusan yang etis adalah dasar dari organisasi yang etis, tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility), perniagaan yang adil ('fairtrade'), sustainabilitas, dan berbagai konsep sejenis.

Artikel ini memperkenalkan konsep dan landasan dibalik Kepemimpinan dan Organisasi yang etis.

Prinsip-prinsip etika menyediakan landasan bagi berbagai konsep modern dalam bekerja, bisnis dan organisasi, yang memperluas prioritas individu dan organisasi jauh meninggalkan tujuan-tujuan bisnis tradisional berupa keuntungan dan pemakmuran pemegang saham. Faktor-faktor etikal juga mempengaruhi secara siknifikan terhadap institusi dan sektor publik, dimana prioritas sektor publik tradisional dalam kualitas pelayanan dan pengelolaan biaya sekarang harus memperhitungkan pertimbangan-pertimbangan etikal yang telah mempengaruhi dunia komersial dan bisnis.

Etika adalah area yang luas. Anda biosa melihat berbagai definisi yang berbeda serta konsep yang dilihat dengan persepsi yang berlainan, dan sebenarnya anda bisa mengembangkan pula ide sendiri dalam pengertian, komposisi, metoda, maupun implikasinya.
Karena itu kami mencoba menyajikan selengkap mungkin aspek-aspek yang terkait dengan etika dalam korporasi dan kepemimpinan agar kita memeiliki persepsi yang cukup luas, antara lain meliputi hal-hal berikut ini:
  • Apa itu Etika
  • Bisnis dan Investasi yang Etis
  • Etika dan Hukum
  • Etika dan Agama
  • Perilaku, Aktivitas, dan Kebijakan Yg Tidak Etis
  • Etika dan Opini Publik
  • Pertimbangan Etika Untuk Lebih Hebat
  • Obyektivitas Dari Etis
  • Prinsip-prinsip Pengambilan Keputusan Yg Etis
  • Pandangan Berbeda Thd Organisasi Etikal
  • Kepemimpinan Etikal dan Manfaatnya Thd Organisasi
  • Ide-ide Pengambilan Keputusan Yg Etis
  • Organisasi Etikal dan Stakeholders
  • Model Kepemimpinan dan Manajemen Etikal
  • P4
  • Sumber Informasi Tentang Etika


Baco Salengkapnyo...

Dobel Positif



Di sebuah kelas pada saat pelajaran bahasa.

Saat mendengar jawaban seorang murid:"Saya tidak bisa tidak makan nasi..." si guru mengambil kesempatan untuk menjelaskan tentang negatif ganda pada sebuah kalimat.

Kata sin guru, "Dalam bahasa Indonesia, sebuah kalimat yang mengandung negatif ganda akan membuat kalimat itu menjadi positif. Jadi, kalimat tadi Saya tidak bisa tidak makan nasi, akan berarti bahwa saya bisa makan nasi."

Terdorong dengan antusias muridnya yang tertarik dengan kenyataan itu, si guru melanjutkan untuk menunjukkan kelebihannya dalam pengetahuan bahasanya: "Tentu saja tidak semua bahasa mengikuti aturan tata bahasa seperti itu, contohnya, di Rusia, dobel negatif tetap berarti negatif! Mungkin yang agak mengherankan kenyataan bahwa tidak ada satupun bahasa di dunia ini dimana dobel positif akan membuatnya berarti negatif..."

Tiba-tiba menyahut dari bangku belakang kelas "Ya, betul.."

Baco Salengkapnyo...

Orang Buta Menyeberang Jalan



Seorang buta sedang menanti seseorang di tepi sebuah jalan yang ramai untuk menolongnya menyeberang, ketika dirasakannya punaknya ditepuk orang.

"Maaf," kata yang menepuk, "Saya orang buta, maukah anda menuntun saya menyeberang jalan ini?"

Si buta yang ditepuk mengambil tangan si buta yang menepuk, dan keduanya menyeberang jalan yang ramai itu.

Sebenarnya ini cerita yang sungguh terjadi. Si buta yang pertama adalah pianis jazz George Shearing. Katanya, seperti dikutip Bartlett's Anecdotes, setelah peristiwa itu, "Apa yang dapat saya perbuat? Saya membawanya menyeberang dan itu adalah peristiwa paling mengetarkan dalam hidup saya."

Ada ketikanya saat kita mengira kita tak dapat berbuat sesuatu dan karenanya tidak berani berbuat lebih atau mengambil resiko. Saat terpaksa melakukan atau mengambil resiko sering membantu kita mengurangi ketergantungan kita terhadap orang lain atau mekanisme keamanan diri, dan menemukan kesenangan maupun kemampuan baru.


Baco Salengkapnyo...

John Wayne Bingung






Kerancuan dalam komunikasi bukanlah hal yang aneh. Tetapi terkadang meski salah tangkap, hasilnya sesuai seperti yang diharapkan, dan ini terjadi pada John Wayne si aktor cowboy terkenal.
Ceritanya saat pembuatan film dari epik kitab suci Injil yakni 'The Greatest Story Ever Told' (Kisah Terbesar Sepanjang Masa), sutradara George Stevens mencoba membangunkan hasrat dan rasa hormat yang lebih besar dari aktor kondang John Wayne waktu mengucapkan, "Sesungguhnya, ini adalah Anak Allah."

"Anda berbicara tentang Jesus - pikirkanlah itu," kata Stevens, "Kau harus mengucapkannya itu dengan hormat dan perasaan kagum (with awe)."

Pada pengambilan adegan berikutnya John Wayne dengan polos benar-benar mengumpulkan segala perasaannya. Secara dramatis ia berhenti, dan berkata:

"Aw, Sesungguhnya ini Anak Allah."




Baco Salengkapnyo...

Sang Komandan



Ini kisah jaman perang dulu. Seorang dengan pakaian sipil menunggang kuda melewati sekelompok kecil tentara yang kelelahan dan lemah karena pertempuran yang sedang menggali parit untuk posisi pertahanan mereka yang tampaknya sangat penting. Sang komandan yang tidak berusaha membantu, berteriak memerintah, mengancam akan menghukum mereka jika pekerjaan mereka tidak selesai dalam 1 jam. 

"Kenapa anda tidak membantu?" tanya si penunggang kuda.

"Sayalah komandannya. Mereka harus tunduk pada perintahku," jawab sang komandan, dan menambahkan,"Bantu saja sendiri kalau kamu merasa kasihan."

Komandan itu heran melihat si penunggang kuda turun dari kudanya dan membantu para tentara hingga pekerjaan itu selesai.

Sebelum pergi orang asing itu mengucapkan selamat kepada para prajurit atas kerja mereka, dan mendekati sang komandan yang hatinya bertanya-tanya.

"Kamu harusnya memperhatikan perintah paling utama setiap kali pangkatmu menghalangimu untuk membantu anak buahmu - dan saya akan menyediakan solusi lebih permanen," kata si orang asing.

Singkatnya, komandan itu kini mengenali orang itu tak lain adalah Jenderal Sudirman, dan pelajaran yang baru didapatnya.

(Kisah itu pada dasarnya memang ada, meski disana-sini terjadi perbedaan. Yang lebih penting adalah pesan yang ingin disampaikan daripada kebenaran sejarahnya.)

Baco Salengkapnyo...

Malas Ke Sekolah



Ini kisah lama yang mungkin anda sudah tahu, tetapi sangat bagus untuk menggambarkan berbagai situasi dan pesan.

Adalah seorang ibu yang telah berulangkali memanggil anak lelakinya agar segera bangun, berpakaian dan bersiap ke sekolah. Tampaknya sudah menjadi kebiasaan si anak, terutama bila menghadapi ulangan.

"Saya sakit, bu," jawab si anak dari tempat tidurnya.

"Kamu tidak sakit. Ayo bangun dan segera bersiap!," teriak ibunya sambil menuju kamar tidur si anak.

"Aku benci sekolah, dan aku nggak mau ke sekolah," jawab si anak dari tempat tidurnya, "Saya selalu berbuat salah, membuat keliru dan jadi omongan. Tak ada yang menyukaiku, aku nggak punya teman. Dan terlalu banyak ulangan, mana semuanya membingungkan. Tidak ada gunanya bagiku, dan aku takkan pergi ke sekolah lagi."

"Sayang sekali, tetapi kau harus kesekoah," kata ibunya dan terus membujuknya, "Memang begitu, kesalahan adalah cara bagaimana kita belajar dan berkembang. Dan cobalah jangan terlalu memasukkan kritik ke dalam hati. Dan saya tak percaya tak ada orang yang menyukaimu - kamu punya banyak teman di sekolah. Ah ya, semua ulangan itu bisa saja membingungkan, tetapi kita memang harus menghadapi banyak ujian selama kita hidup, jadi semua pengalaman di sekolah itu berguna bagi hidup kita secara umum. Disamping itu, kamu memang harus pergi, karena kamu kan kepala sekolah!"


Baco Salengkapnyo...

Sirkus



Kisah ini dapat digunakan untuk menggambarkan sikap dalam mengembangkan orang muda, arah karir, dan terutama nasihat dan aspirasi orang tua atau pendidik, yang bisa saja berbeda dengan cita-cita ataupun impian anak yang bersangkutan..
Dikisahan dalam sebuah kelompok sirkus, si wanita berjenggot dan sang orang terkuat di dunia salin jatuh cinta dan mereka berniat membangun rumah tangga.
Setelah melangsungkan pernikahan, beberapa bulan kemudian si wanita berjenggot mengandung.

Beberapa minggu sebelum melahirkan, si istri yang wanita berjenggt itu bercakap-cakap dengan kepala pertunjukkan.

"Bagaimana keadaanmu?" tanya kepala pertunjukkan, "Kamu baik-baik saja?"

"Ya, semuanya baik, terimakasih," jawab wanita berjenggot, "Kami punya banyak rencana untuk bayi ini,. Kami ingin menjadi orangtua yang baik."

"Syukurlah," kata kepala pertunjukkan, "Kamu ingin anak perempuan atau laki-laki?"

"Oh, kami tidak begitu peduli jenis kelaminnya asalkan ia sehat-sehat saja," jawab wanita berjenggot itu, "Dan dia cocok untuk menjadi manusia meriam .."

Baco Salengkapnyo...

Ukulele Rock Disco

Jake Shimabukuro - master ukulele - orang yang memiliki bakat luar biasa jarang, dan juga menemukan sesuatu yang bisa menghasilkan lebih dari biasanya yang bagi banyak orang justru menganggapnya kendala.

Melihat permainannya, orang baru sadar itulah sebenarnya asal muasal nama ukulele.



Jika anda ingin belajar ukulele, silakan kunjungi situs ini ukuleledisco website, dan juga disini Jake Shimabukuro's website.


Baco Salengkapnyo...

Mencipta Aturan Baru

Stanley Jordan, pionir gitaris aliran baru tidak hanya mengembangkan kemampuannya tetapi juga merubah aturan yang biasanya berlaku... 


Buat anda yang mengenal baik lagu 'Stairway To Heaven' yang aslinya dibawakan oleh group kondang Led Zeppelin (1970-an) tentu bisa membedakan dan mengagumi kepiawaian dankebengalan Stanley Jordan.
 
Stanley Jordan adalah seorang otodidak, pembelajar sendiri. Hasil kerjanya diluncurkan pertama kali pada tahun 1980-an. Dia adalah seorang penasihat terapi musik, dan seperti halnyapara pemikir besar, ia menerapkan pemikirannya untuk isu-isu kemanusiaan yang lebih luas sebagaimana musik itu sendiri. Anda bisa lihat lebih banyak di situsnya.  


Anda dapat menyaksikan sendiri penghargaan yang tinggi dari para penonton dengan melakukan "standing ovation" alias bertepuk tangan sambil berdiri selama 2 menit! Bukan main!

Kini silakan bandingkan dengan lagu aslinya yang dibawakan oleh Led Zeppelin, yang juga sangat hebat di jamannya sehingga menjadi hits dunia kala itu, di bawah ini:




Baco Salengkapnyo...

Ball Juggler

Klip video ini menunjukkan keterampilan luar biasa yang diperoleh melalui latihan yang sangat keras. Tak ada orang-orang seperti ini yang hanya bangun pada pagi hari dan tiba-tiba bisa ahli sedemikian tinggi - mereka memiliki hasrat dan mimpi yang besar, dan mewujudkanya melalui latihan dan kerja keras serta kegigihan. 

Secara kelakar kata seorang ahli juggling, bahwa perbedaan antara juggling 5 bola dan 3 bola yaitu: "Kalautingkat kesulitan juggling dibuat skala dari 1 hingga 10, maka juggling 3 bola mendapat skala 2, 4 bola skala 3, sedangkan juggling 5 bola menempati skala 15 hingga 2o..."

Juara dunia juggling Jason Garfield membuatnya tampak mudah, padahal woow... snggh sangat mencengangkan.  





Baco Salengkapnyo...

Anjing, Kucing dan Tikus yang Rukun

Ini tentang Gregory Pike dan ke 3 ekor binatang peliharaannya yang bernama Booger (anjing), Kitty (kucing) dan Mousey (tikus putih), di Santa Barbara, California. Tampaknya mereka mencari makan dari donasi yang diberikan para penonton karena ketiga binatang yang biasanya bermusuhan itu mempertontonkan bahwa mereka dapat hidup rukun saling membantu dan menyayangi. 


Sepertinya klip video ini dibuat oleh walikota Santa Barbara yang mengirimkannya sebagai pesan Natal.  

Disamping menunjukkan pesan damai - cinta - saling pengertian - rasial - harmoni, klipvideo tersebut mendemonstrasikan juga inovasi kewirausahaan dan kekuatan internet dalam meraih publisitas global dengan biaya NOL.  Memang diperlukan ide "luar biasa" untuk hal seperti ini.  




Baco Salengkapnyo...

Teknologi Indera Ke 6

Teknologi super pintar yang dikembangkan oleh Media Lab MIT, menggabungkan:  

  • koneksi internet
  • kamera
  • proyeksi
  • tubuh manusia


Hasil proyek pintar ini memungkinkan manusia akan menjadi lebih transparan dan memudahkan hidup serta kehidupan yang lebih bermartabat


Baco Salengkapnyo...

Orang Kaya dan Permata


Suatu saat ada seorang kaya yang serakah. Ia sangat menyukai dan memuja permata. 
Suatu hari seorang tamu datang untuk melihat-lihat permata-permata yang dimilikinya.
Ia lalu membawa permatanya keluar dan membukanya tetapi tetap dalam wadah yang aman. Kedua orang itu memandang tajam kepada benda-benda yang indah dan mahal itu.
Saat berjalan keluar untuk pulang, si tamu berkata, "Terimakasih telah berbagi permata anda dengan saya."
"Lho, saya tidak memberikan kepadamu," protes si orang kaya, "Permata-permata itu milikku."
"Oh, tentu saja," jawab si tamu, "Kita telah sama-sama menikmatinya, cuma beda antara kita berdua adalah kesulitan anda dan pengeluaran anda untuk membeli dan menjaganya." 


Baco Salengkapnyo...

SAYUR ASEM KANGKUNG



Bahan :
1 ikat kangkung petiki lalu bersihkan
2 cm lengkuas dimemarkan
2 lbr daun salam
5 mata asam jawa + 100ml air panas remas2 lalu saring ambil airnya ( saya pakai asam jawa hitam karna tak ada yang masih muda)

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
1 butir bawang putih
¼ sdt terasi
1 sdt garam
1 ½ sdt gula
2 buah cabai merah keriting
Penyedap secukupnya (kalo suka)

Cara membuat :
Rebus air beserta lengkuas, daun salam, air asam jawa, dan bumbu sampai mendidih.
Masukan kangkung dan masak hingga kangkung matang.
Angkat taruh dalam mangkok dan sajikan.

Baco Salengkapnyo...

IKAN SAMBAL CABE IJO



Bahan :
7 ekor ikan selar segar bersihkan lalu goreng setengah kering (bisa pakai ikan apa saja)
1 buah tomat hijau potong2
10-15 buah cabai hijau diuleg kasar
1 sdt gula
Air secukupnya

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 sdt garam

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum (agak kecoklatan) masukan cabai hijau, tomat, air dan gula aduk rata.
Terakhir masukan ikan selar siram –siram dengan bumbu lalu biarkan hingga bumbu meresap dan kuah mengental.
Angkat, siap dihidangkan.

Baco Salengkapnyo...