My Ping in TotalPing.com

Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Infeksi Pada Melahirkan

DEFINISI
Segera setelah melahirkan, suhu tubuh wanita tersebut biasanya meningkat. Suhu pada 101 º F (38.3 º C) atau lebih tinggi selama 12 jam pertama setelah melahirkan bisa mengindikasi sebuah infeksi tetapi biasanya tidak. Meskipun begitu, pada beberapa kasus, wanita tersebut harus diperiksa oleh dokternya atau bidan. Infeksi postpartum biasanya didiagnosa setelah 24 jam telah berlalu sejak melahirkan dan wanita tersebut telah memiliki suhu 100.4 º F (38 º C) atau lebih tinggi pada dua kesempatan setidaknya 6 jam terpisah.

Infeksi postpartum adalah jarang, karena dokter berusaha untuk mencegah atau mengobati keadaan yang bisa menyebabkan infeksi. Meskipun begitu, infeksi kemungkinan serius. Dengan demikian, jika seorang wanita memiliki suhu lebih dari 100.4 ºF setiap saat selama minggu pertama setelah melahirkan, dia harus menelepon dokter.

Infeksi postpartum kemungkinan langsung berhubungan dengan melahirkan (terjadi pada rahim atau daerah sekitar rahim) atau tidak berhubungan langsung (terjadi pada ginjal, kandung kemih, payudara, atau paru-paru).

Infeksi Uterus

Infeksi postpartum biasanya dimulai di dalam rahim. Jika infeksi pada selaput mengandung janin (kantung amniotic) menyebabkan demam selama persalinan, infeksi pada lapisan uterin (endometritis), otot uterin (myometritis), atau daerah sekitar rahim (parametritis) bisa terjadi.


PENYEBAB
Bakteri yang bisanya hidup di dalam vagina yang sehat bisa menyebabkan infeksi setelah melahirkan. Keadaan yang membuat seorang wanita lebih mungkin mengalami infeksi termasuk anemia, preeklampsia, pemeriksaan vagina diulang, penundaan lebih lama dari 18 jam antara pecah pada selaput dan melahirkan, persalinan yang lama, operasi sessar, potongan plasenta yang tertinggal di dalam rahim setelah melahirkan, dan pendarahan berlebihan setelah melahirkan (pendarahan postpartum).


GEJALA
Gejala-gejala biasanya termasuk pucat, menggigil, sakit kepala, perasaan sakit biasa atau tidak nyaman, dan kehilangan nafsu makan. Detak jantung cepat, dan jumlah sel darah putih tinggi secara tidak normal. rahim bengkak, lunak, dan lembut. Biasanya, terdapat pengeluaran malodorous dari vagina, yang bervariasi dalam jumlah.

Ketika jaringan di sekitar rahim terinfeksi, mereka bengkak, terus bertambah bengkak, rahim lunak tetap. Wanita tersebut mengalami rasa sakit berat dan demam tinggi.

Lapisan perut bisa menjadi meradang, menyebabkan peritonitis. Gumpalan darah bisa terbentuk di dalam pembuluh panggul, menyebabkan thrombophlebitis panggul. Gumpalan darah bisa berjalan menuju paru-paru dan menyumbat arteri, menyebabkan emboli paru-paru. Zat-zat beracun (racun) dihasilkan oleh bakteri yang menginfeksi bisa mencapai kadar tinggi di dalam aliran darah, menyebabkan kejutan racun. Pada kejutan racun, tekanan darah jatuh secara dramatik dan detak jantung sangat cepat. Kejutan racun terjadi pada kerusakan ginjal berat dan bahkan kematian.


DIAGNOSA
Infeksi biasanya didiagnosa berdasarkan hasil pemeriksaan badan. Sampel air kencing, darah, dan penyelesaian pada vagina tertanam untuk bakteri.


PENGOBATAN
Jika rahim terinfeksi, wanita tersebut biasanya diberikan infus antibiotik sampai dia tidak mengalami demam untuk 48 jam. Untuk beberapa hari setelah itu, dia kemungkinan diberikan antibiotik melalui mulut.


Infeksi Kandung Kemih dan Ginjal

Infeksi kandung kemih (cystitis) kadangkala terjadi ketika kateter diletakkan di dalam kandung kemih untuk menghilangkan terbentuknya urin selama dan setelah persalinan. Atau bakteri kemungkinan hadir di dalam kandung kemih selama hamil tetapi tidak menimbulkan gejala sampai setelah melahirkan. Infeksi ginjal (pyelonephritis) disebabkan oleh penyebaran bakteri yang berasal dari kandung kemih menuju ginjal setelah melahirkan.

Gejala bisa termasuk demam dan rasa sakit sekali atau sering berkemih. Infeksi yang mencapai ginjal bisa menyebabkan rasa sakit di bagian bawah punggung atau samping, perasaan sakit biasa atau tidak nyaman, dan sembelit.

Biasanya, seorang wanita diberikan antibiotik. jika tidak terbukti bahwa infeksi kandung kemih telah menyebar ke ginjal, antibiotik kemungkinan diberikan hanya untuk beberapa hari. Jika infeksi ginjal diduga, antibiotik diberikan sampai wanita tersebut tidak mengalami demam untuk 48 jam. Contoh urin dikultur untuk mengidentifikasi bakteri. Setelah kultur tersedia, antibiotik kemungkinan dirubah ke salah satu yang lebih efektif melawan keberadaan bakteri. Minum cairan yang banyak membantu menjaga ginjal berfungsi dengan baik dan menyiram bakteri keluar dari saluran kemih. Contoh kemih lainnya dikultur 6 sampai 8 minggu setelah melahirkan untuk memverifikasi bahwa infeksi telah sembuh.


Infeksi Payudara

Infeksi payudara (mastitis) bisa terjadi setelah melahirkan, biasanya selama 6 minggu pertama dan hampir selalu pada wanita yang menyusui. Jika kulit pada atau di sekitar putting menjadi pecah, bakteri dari kulit bisa masuk ke kantung susu dan menyebabkan infeksi. Payudara yang terinfeksi biasanya terlihat merah dan bengkak dan terasa hangat dan lembut. Wanita tersebut bisa mengalami demam. Demam yang terjadi kemudian lebih dari 10 hari setelah melahirkan seringkali disebabkan oleh infeksi payudara, meskipun hal ini kemungkinan disebabkan oleh infeksi kandung kemih.

Infeksi payudara diobati dengan antibiotik. wanita yang mengalami infeksi payudara dan menyusui harus terus menyusui. Menyusui mengurangi resiko abscess payudara (penumpukan nanah), yang langka. Abscesses payudara diobati dengan antibiotik dan biasanya dikeringkan dengan operasi.

0 komentar: