My Ping in TotalPing.com

Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Keguguran

DEFINISI
Keguguran (aborsi spontan) adalah kehilangan pada janin yang berhubungan dengan kasus alami pada kehamilan sebelum 24 minggu.


PENYEBAB
Keguguran sering terjadi pada kehamilan beresiko tinggi. Keguguran terjadi sekitar 15% pada kehamilan yang diketahui. Lebih banyak keguguran tidak diketahui karena terjadi sebelum wanita tahu bahwa mereka hamil. Sekitar 85% keguguran terjadi selama 12 minggu pertama kehamilan. Kebanyakan kehamilan yang terjadi selama waktu ini dipikirkan untuk terjadi karena sesuatu hal salah pada janin seperti kelahiran cacat atau gangguan genetik.

Sisanya 15% pada keguguran terjadi selama minggu 13 sampai 24. Untuk sekitar sepertiga keguguran ini, penyebabnya tidak dikenali. Dua pertiga lainnya dihasilkan dari masalah wanita. Keguguran bisa terjadi karena wanita memiliki kelainan struktur pada organ reproduksi, seperti rahim ganda atau servik yang tidak mampu, yang cenderung terbuka (membesar) seperti pembesaran rahim. Keguguran bisa juga terjadi jika wanita menggunakan kokain. Atau terluka, atau mengalami gangguan tertentu. Gangguan ini termasuk kelenjar tiroid yang tidak aktif (hyperthyroidism), diabetes, infeksi (seperti infeksi cytomegalovirus atau rubella), dan gangguan jaringan penghubung (seperti lupus). Ketidakmampuan Rh (ketika wanita hamil memiliki darah Rh negatif dan janin memiliki darah Rh positif) juga meningkatkan resiko. Gangguan emosi pada wanita tidak berhubungan dengan keguguran.

Keguguran lebih mungkin terjadi untuk wanita yang mengalami keguguran atau persalinan preterm pada kehamilan sebelumnya. Untuk wanita yang mengalami keguguran tiga kali berturut-turut selama trismester pertama, kemungkinan untuk mengalami keguguran lain sekitar 1 banding 4. Sebelum mencoba untuk menjadi hamil kembali, wanita yang telah mengalami keguguran berulang sebaiknya diperiksa untuk kelainan genetik atau struktur dan untuk gangguan lain yang meningkatkan resiko keguguran. Prosedur imaging (seperti hysterescopy, hysterosalpingography, atau ultrasonografi) kemungkinan dilakukan untuk melihat kelainan struktur. Jika penyebabnya pada kehamilan sebelumnya dikenali, pengobatan bisa memperbaiki masalah tersebut.


GEJALA
Keguguran biasanya didahului oleh bercak atau pendarahan yang lebih jelas dan pengeluaran dari vagina. Kontraksi rahim, menyebabkan kram. Sekitar 20 sampai 30% wanita hamil mengalami beberapa pendarahan atau kram setidaknya selama pada kehamilan20 minggu pertama. Sekitar separuh pada masa ini mengalami keguguran.

Di awal kehamilan, satu-satunya tanda keguguran kemungkinan sedikit pendarahan vagina. Pada kehamilan lanjut, keguguran bisa menyebabkan pendarahan yang banyak, dan darah berisi cairan atau lendir atau gumpalan. Kram menjadi lebih parah sampai kadang-kadang, kontraksi rahim cukup untuk mengeluarkan janin dan plasenta.

Kadangkala janin meninggal tetapi tidak terjadi keguguran. Pada beberapa kasus, rahim tidak membesar. Jarang, jarimgan mati pada rahim menjadi terinfeksi sebeluma, selama, atau setelah keguguran. Beberapa infeksi kemungkinan serius, menyebabkan demam, menggigil, dan detak jantung yang cepat. Wanita yang terkena bisa menjadi mengigau, dan tekanan darah bisa turun.


DIAGNOSA
Jika wanita hamil mengalami pendarahan dan kram selama 20 minggu pertama pada kehamilan, seorang dokter meneliti dia untuk memastikan apakah keguguran terjadi. Dokter meneliti servik untuk memastikan apakah melebar. Jika tidak, kehamilan kemungkinan dilanjutkan. Jika melebar, keguguran lebih mungkin terjadi.

Ultrasonografi biasanya juga dilakukan. Ini kemungkinan digunakan untuk memastikan apakah keguguran telah siap terjadi atau, jika tidak, apakah janin masih hidup. Jika keguguran telah terjadi, ultrasonografi bisa menunjukkan apakah janin dan plasenta telah dikeluarkan.

Jika janin hidup dan keguguran kemungkinan terjadi, istirahat total dianjurkan untuk menolong mengurangi pendarahan dan kram. Jika mungkin, wanita tersebut harus tidak bekerja tetapi harus tetap di rumah. Menahan diri dari hubungan seksual dianjurkan, meskipun hubungan tidak pasti berhubungan dengan keguguran.

Jika keguguran telah terjadi dan janin dan plasenta telah keluar, tidak memerlukan pengobatan. Jika beberapa jaringan ini tinggal di dalam rahim, kuret dengan diisap dilakukan untuk mengangkatnya.

Jika janin meninggal tetapi tetap tinggal di rahim, kuret dengan cara penghisapan biasanya digunakan untuk mengangkat janin dan plasenta. Jika janin meninggal di akhir kehamilan , obat yang bisa menginduksi persalinan (seperti oxytocin) kemungkinan diberikan melalui infus. Oxytocin merangsang rahim untuk kontraksi dan mengeluarkan rahim. Setelah itu, kuret kemungkinan diperlukan untuk mengangkat potongan plasenta.

Setelah keguguran, wanita mungkin merasakan dukacita, kesedihan, kemarahan, perasaan bersalah, atau kegelisahan mengenai kehamilan berikutnya. Dukacita untuk kehilangan adalah reaksi alami dan sebaiknya tidak menekan atau disangkal. Berbicara tentang perasaan mereka dengan orang lain mungkin menolong wanita menangani perasaan merasa dan memperoleh perspektif. Wanita yang sudah mengalami keguguran bisa memerlukan untuk berbicara dengan dokter mereka tentang kemungkinan keguguran di kehamilan berikut. Walaupun mengalami keguguran meningkatkan risiko mengalaminya lagi, kebanyakan wanita yang mengalami keguguran tidak mempunyai masalah di kehamilan berikutnya.

Pemahaman bahasa aborsi

Dokter bisa menggunakan masa aborsi yang merujuk pada keguguran (aborsi spontan) yang terjadi sebelum 24 minggu kehamilan seperti penghentian medis pada kehamilan (aborsi induksi). Setelah 24 minggu kehamilan, melahirkan janin yang telah meninggal disebut masih lahir. Masa lain termasuk berikut dibawah ini :

  • Therapeutic (induksi) aborsi: aborsi yang dihasilkan oleh alat kedokteran (obat atau pembedahan)
  • Aborsi mengancam : pendarahan atau kram selama 24 minggu pertama pada kehamilan, mengindikasi bahwa janin kemungkinan hilang.
  • Aborsi Inevitable: Rasa Sakit atau pendarahan dengan membuka (dilation) tengkuk, menunjukkan bahwa janin akan hilang.
  • Aborsi lengkap: Pengusiran seluruh janin dan plasenta di uterus.
  • Aborsi yang tak benar-benar: Pengusiran hanya sebagian isi uterus.
  • Aborsi biasa: Tiga atau lebih aborsi spontan yang berurutan (keguguran).
  • Aborsi kehilangan : Memiliki janin meninggal di rahim selama 4 minggu atau lebih lama.
  • Aborsi terinfeksi: Infeksi isi rahim terlebih dahulu, selama, atau setelah aborsi.

0 komentar: