My Ping in TotalPing.com

Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Kelainan Gairah Seksual pada Wanita

DEFINISI
Kelainan Gairah Seksual Pada Wanita adalah kegagalan menetap untuk mencapai atau mempertahankan kepuasan seksual, walaupun dengan rangsangan seksual yang cukup. Kelainan ini mirip dengan impotensi pada pria.

Kelainan ini bisa terjadi seumur hidup atau bisa terjadi setelah suatu masa dimana fungsinya normal.


PENYEBAB
Kelainan gairah seksual pada wanita memiliki penyebab fisik maupun psikis. Kelainan ini bisa terjadi seumur hidup atau terjadi setelah suatu fungsi yang normal. Penyebab yang utama adalah faktor psikis, yang bisa berupa perselisihan pernikahan, depresi dan keadaan yang menimbulkan stres.

Seorang wanita bisa menghubungkan seksual dengan perbuatan dosa dan kesenangan seksual dengan perasaan bersalah. Rasa takut akan keintiman juga dapat memegang peranan.

Beberapa wanita atau pasangannya tidak menyadari bagaimana fungsi organ kelamin wanita, terutama klitoris, dan mereka mungkin tidak mengetahui tehnik dari perangsangan seksual.

Sedangkan faktor fisik yang bisa menyebabkan kelainan gairah seksual pada wanita diantaranya adalah:
- Rasa nyeri karena endometriosis atau infeksi kandung kemih (sistitis), infeksi vagina (vaginitis)
- Kekurangan hormon estrogen yang menyertai masa menopause atau pengangkatan indung telur biasanya menyebabkan kekeringan dan penipisan dinding vagina
- Histerektomi (pengangkatan rahim) atau mastektomi (pengangkatan payudara)
- Kelenjar tiroid yang kurang aktif
- Anatomi vagina yang abnormal, yang disebabkan oleh kanker, pembedahan atau terapi penyinaran
- Hilang rasa karena alkolik, diabetes atau kelainan sistem saraf tertentu (misalnya sklerosis multipel)
- Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi kecemasan, dperesi atau tekanan darah tinggi.


DIAGNOSA
Riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik membantu dalam menentukan apakah penyebab utamanya adalah faktor psikis atau faktor fisik.


PENGOBATAN
Berbagai keadaan fisik bisa diobati. Misalnya diberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi kandung kemih atau infeksi vagina dan diberikan hormon untuk menggantikan kekurangan hormon. Bisa dilakukan penyuluhan untuk mengajarkan teknik pemusatan perasaan (terapi seksual).

Latihan Kegel dapat memperkuat otot-otot panggul dan bisa membantu wanita untuk mencapai kepuasan. Pada latihan ini wantia mengerutkan otot-otot vaginanya kuat-kuat (seperti menahan berkemih) selama 10-15 menit, minimal sebanyak 3 kali/hari selama 2-3 bulan.

0 komentar: