My Ping in TotalPing.com

Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Vaginismus

DEFINISI
Vaginismus adalah suatu kontraksi yang tidak disadari dari otot vagina bagian bawah yang menghalangi masuknya penis ke dalam vagina.


PENYEBAB
Vaginismus merupakan akibat dari keinginan bawah sadar seorang wanita untuk mencegah penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina). Seorang wanita bisa menderita vaginismus jika merasakan sakit pada hubungan seksual yang terdahulu.

Seorang wanita tidak ingin terlibat dalam hubungan seksual karena:
- takut hamil
- takut berada dibawah kendali mitra seksualnya
- takut kehilangan kendali
- takut mengalami sakit pada saat melakukan hubungan seksual.

DIAGNOSA
Riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik seringkali membantu menemukan adanya masalah fisik atau masalah psikis. Jika ditemukan masalah fisik, biasanya segera diperbaiki.


PENGOBATAN
Jika vaginismus menetap, kepada penderita diajarkan teknik untuk mengurangi kejang otot. Pada tehnik pelebaran yang bertahap, seorang wanita memasukan alat yang telah diberi pelumas ke dalam vaginanya. Pada awalnya digunakan alat pelebar dengan ukuran kecil, lalu secara bertahap digunakan alat yang lebih besar.

Latihan untuk memperkuat otot panggul (latihan Kegel) bisa dilakukan pada saat alat pelebar berada di dalam vagina. Otot di sekitar vagina dikerutkan kuat-kuat dan kemudian dikendorkan, sehingga memungkinkan terbentuknya suatu perasaan bahwa penderita bisa mengendalikan otot-otot tersebut.

Teknik pelebaran ini juga bisa dilatih secara teratur di rumah dengan menggunakan jari-jari tangan. Jika penderita sudah dapat menerima masuknya alat pelebar berukuran besar dengan rasa nyaman, maka dia dan mitra seksualnya bisa mencoba untuk melakukan hubungan seksual lagi.

Penyuluhan terhadap penderita dan mitra seksualnya bisa mempermudah proses ini dan menghilangkan kecemasan.

0 komentar: