Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Hidung Mimisan

hidung mimisanMimisan (dalam bahasa medis disebut epistaksis) pada anak-anak umumnya disebabkan adanya infeksi di hidung seperti demam, batuk pilek, dan juga akibat benturan / trauma pada hidung.

Jika hal ini terjadi jangan panik, tekan pada bagian atas / punggung hidung pada satu sisi atau ke dua sisi selama lebih kurang 15 menit, anak boleh ditidurkan atau duduk. Bisa juga dilakukan kompres dingin di atas / punggung hidung tersebut.

Pada orang dewasa jika terjadi mimisan umumnya terjadi akibat benturan. Dapat juga timbul akibat infeksi / peradangan seperti flu berat dan dapat terjadi akibat adanya daging tumbuh di rongga hidung seperti tumor.

Pada orang tua mimisan terjadi kemungkinan yang tersering akibat darah tinggi.

Semua kejadian diobati sesuai dengan penyebabnya, jika terjadi mimisan pertolongan pertama tekan daerah hidung atau kompres dingin, jika dalam 15 menit masih terjadi mimisan segera bawa ke rumah sakit.

Apabila keadaan mimisan terjadi berulang kali, lebih baik diperiksakan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya, karena sekarang ada alat pemeriksaan yang kita juga dapat melihat keadaan rongga hidung melalui TV.

0 komentar: