Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Larry Page dan Sergey Brin

Siapa yang tidak mengenal dengan dua orang sekawan yang telah menciptakan mesin pencari yang telah membantu orang banyak dalam mencari informasi secara instan di internet yang bernama Google.

Google adalah sebuah mesin pencari paling terkemuka di dunia. Google dikunjungi lebih dari 300 juta orang per hari. Diterjemahkan dalam 88 bahasa dengan nilai saham mencapai lebih dari 500 dolas AS per lembar. Ialah orang yang masih tergolong cukup mudah 30-an, namun kekayaannya mencapai milyaran dolar. Nama kedua orang itu ialah Larry Page dan Sergey Brin. Mereka adalah pendiri google, situs pencari paling terkenal saat ini. Ayah Sergey adalah doktor matematika, sedangkan Larry dalah putra almarhum doktor komputer pertama di Amerika. 


Terlepas dari kekayaan meraka, ada beberapa hal yang patut dicontoh dari kesuksesan mereka. Menurut Sergey Brin, yang menjabat sebagai presiden Teknoliogi google. Kunci utama dalam menjalankan bisnis ialah kekuatan dari kesederhanaan. Menurutnya simplecity web adalah hal yang disukai para penjelajah internet. Dan, google berhasil karena menggunakan filosofi tersebut, menghadirkan web yang bukan saja memudahkan untuk mencari informasi, namun juga mneyenangkan orang.

Kunci sukses mereka yang kedua ialah integritas mereka dalam mewujudkan apa yang mereka yakini benar. Mereka rela drop out dari program doktor mereka di Stanford University untuk mengembangkan google. Pada awalnya mereka tidak berniat mencari keuntungan dari proyek tersebut. Malah, mereka berangkat dari sebuah ide sederhana, yaitu bagaimana membantu banyak orang untuk mempermudah mencari informasi dan data di dunia maya. Mereka meyakini, ide mereka akan sangat berguna bagi banyak orang untuk mempermudah mencari informasi data apa saja di internet.

Kunci sukses lainnya yaitu tidak melupakan jasa orang-orang yang mendukung kesuksesan mereka. Larry dan Segrey sangat memperhatikan kesejahteraan SDM di Gooleplex (kantor google). Gooleplex dinobatkan sebagai tempat bekerja terbaik di Amerika tahun 2007 oleh majalah fortune. Di sana suasananya sangat kekeluargaan, ada makanan gratis tiga kali sehari, ada tempat perawatan bagi bayi ibu muda, bahkan sampai kursi pijat elktronik pun tersedia. Mereka sadar, di balik sukses inovasi yang dilakukan google, ada banyak doktor matematika dan lulusan terbaik dari berbagai universitas yang membantu mereka.

Sebuah niat mulia dan berangkat dari apa yang mereka yakini, meski sesederhana apa pun, jika dilandasi jika dilandasi kerja keras dan integritas tinggi, maka ia akan menghasilkan sesuatu yang istemewa dan bermanfaat. Google yang mereka dirikan terbukti telah membantu banyak orang untuk mendapatkan apa saja dari internet. Kini, mereka pun mendapat imbalan yang terus mengalir, meski mereka tidak melakukan apa-apa. Kesuksesan sejati memang akan terasa saat kita berbagi. sudah terbukti

Sampai sekarang Google masih terus berkembang dengan mengeluarkan inovasi inovasi terbaru dalam konten search engine seperti pada tahun 2008, google menciptakan google chrome yaitu versi terbaru dalam mesin pencarian diinternet.

0 komentar: