Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

jumlah persentase Potensi Otak Manusia Yang Sudah Digunakan

Jumlah persentase potensi otak manusia yang digunakan saat ini rata-rata baru 0,1 persen. Bahkan seorang yang genius pun baru menggunakan potensi otaknya sekitar 1,5 persen. "Itu adalah temuan tahun 1990,yang bermula pada tahun 1970, diperkirakan potensi otak manusia baru digunakan 35 persen. Selanjutnya di tahun 1980, diperkirakan rata-rata 2-4 persen potensi otak yang baru digunakan serta 6 persen yang digunakan oleh orang genius.

"Pertanyaannya apa yang menjadi penyebab kecilnya potensi otak yang digunakan oleh manusia ini. Itu karena pengkondisian yang dilakukan oleh kita sendiri. Selalu ada pembatasan sehingga potensi dan kemampuan kita tidak berkembang tanpa batas. Salah sama dengan buruk, menyatakan tidak bisa, tidak mampu, dan lain-lain.

Dalam otak manusia itu ada 1 triliun sel otak yang dinamakan neuron. Satu sel neuron ini sama dengan satu unit super komputer. "Artinya, satu otak manusia sama dengan satu triliun super komputer. Luar biasa kalau semua potensinya digunakan. Ide manusia tidak akan pernah habis," 

Orang tua sebetulnya bisa memaksimalkan potensi dan kemampuan yang dimiliki anak. Namun faktanya mayoritas orang tua telah melakukan hal yang keliru, salah satunya adalah dengan memberikan beban, membandingkan anak, serta tidak pernah berkomunikasi dengan baik bersama anak.

berkomunikasi dengan baik bersama anak.

"Berdasarkan data statistik, kurang dari 12 menit para orang tua berkomunikasi dengan anak dalam satu minggu. Bukan sekedar tinggal satu rumah atau komunikasi dengan telepon. Tapi ngobrol, tatap muka, dengarkan keluhan anak, apa yang dirasakan anak. Kalau orang tua tidak bisa seperti itu maka anak akan cari teman di luar, dan itu beresiko," ungkapnya.

Alexander menambahkan, yang punya pengaruh kuat terhadap seorang anak adalah orang tua, dan yang kedua adalah saudara kandung. Jangan pernah membanding-bandingkan anak dengan saudara atau siapapun. Biarkan anak menjadi diri sendiri, tanpa diberi beban. "Dan orang tua adalah guru yang terbaik. Jangan anggap sekolah terbaik adalah guru terbaik rahasia otak,"

Baco Salengkapnyo...

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Mudah

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Mudah - Kemampuan orang untuk mengingat sesuatu biasa dipengaruhi oleh umur. Tapi ada kok cara mudah untuk meningkatkan daya Ingat, seperti apa caranya? Langsung lihat aja dibawah ini :


http://samarajiwa.blogspot.com

1. Senam otak.

Jangan salah fikir dulu, yang dimaksud senam otak adalah seperti bikin tebak-tebakan atau mengisi teka-teki silang yang berfungsi mengasah otak atau teka-teki apapun, tapi yang membuat otak anda berfikir.

2. Bahan makanan berwarna merah dan ungu seperti blueberry/bawang merah.

Bahan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

3. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari.

Kalau yang ini tentunya sangat mudah, saya yakin anda pasti bisa melakukan hal yang 1 ini.

4. Tidur cukup

Tidur yang cukup berfungsi sebagai regenerasi sel otak.

5. Melakukan aktivitas santai seperti membaca buku, mandi, dengerin radio

Membaca buku juga hal yang cukup mudah, membaca komik juga boleh.

6. Jangan panik ketika sedang mengingat sesuatu yang tak kunjung muncul di otak.

7. Memunculkan kembali kenangan masa kecil

Ini seperti main ke kampung halaman anda, sekolah anda dan silahkan anda ingat-ingat kenangan terindah anda.

8. Berpikir lewat gambar

Hal ini seperti melihat daftar keinginan anda yang belum tercapai lalu anda membayangkannya dan meimajinasikannya.

9. Olahraga jogging/aerobik.

Oleh raga mampu meningkatkan produksi oksigen ke otak yang sangat bermanfaat untuk mempertajam kemampuan berpikir anda.

Bagaimana mudah bukan? Tips dan Trik Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Mudah?.

Demikianlah sedikit ulasan saya yang mengenai Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Mudah, semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Baco Salengkapnyo...

GONGSO ATI AMPELA

Bahan:
5 hati ayam dipotong kecil-kecil
5 ampela ayam
2 batang daun bawang dirajang halus
Bawang merah goreng untuk taburan
2 sdm kecap manis
5 sdm minyak goreng
150 ml air

Bumbu Halus:
7 buah cabai merah keriting
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Sedikit terasi (jika suka)
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.masukan hati dan ampela aduk masukan air,kecap manis dan daun bawang masak hingga ati dan ampela matang dan kuahnya mengental. Sajikan dengan ditaburi bawang goreng.
NB: resep dikutip dari mbak nonot yang mengalami perubahan sedikit atau langsung aja (kesini)

Baco Salengkapnyo...

MENU LEBARAN KETUPAT SAYUR

Lebaran tahun 1428H biasa menu makanannya masih sama ketupat sayur yang terdiri:
-ketupat
-sayur labu jangek
-ayam goreng gurih
-kerupuk
semua resepnya bisa dilihat di artikel yang sebelumnya. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Baco Salengkapnyo...

AYAM GORENG GURIH

Bahan :
1 kg ayam potong lalu cuci bersih
1 lt santan encer
2 btg serai digeprek
3 lbr daun salam
Bumbu halus:
6 butir bawang merah
4 butir bawang putih
1 sdm ketumbar
2 butir kemiri
1 ½ cm jahe
3 cm kunyit
3 cm lengkuas
1 sdm garam
1 sdm gula merah
vetsin secukupnya atau gula pasir
1 sdm air asam jawa
Cara membuat :
-Tumis bumbu halus sampai harum tambahkan serai dan daun salam.
-Masukan ayam aduk-aduk lalu tambahkan santan aduk masak sampai ayam matang dan kuah mengental angkat biarkan dingin .
-Setelah itu panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan.

Baco Salengkapnyo...

TELUR CEPLOK BALADO

Bahan: 6 btr telur diceplok
2 lbr daun salam
minyak goreng secukupnya

Bumbu tumbuk kasar:
200 gr cabai merah besar
8 bh bawang merah
6 siung bawang putih
1 buah tomat
1 sdt garam
gula pasir secukupnya (vetsin)

Cara membuat:
Panaskan 4 sdm minyak, tumis bumbu bersama daun salam sampai harum, masak sampai matang. , aduk sebentar, masukkan telur,tambahkan air 50ml aduk masak sebentar, angkat dan sajikan.sumber inspirasi di ambil dari tabloid nova

Baco Salengkapnyo...

ULI GORENG

Bahan :
1 Kg beras ketan
1 butir kelapa parut
garam secukupnya
daun pisang secukupnya (bila ada)

Caranya:
- masak beras ketan hingga menjadi ketan.(sewaktu memasak ketan airnya diberi garam secukupnya)
- kukus juga kelapa parut selama kurang lebih 15 menit.
- dalam wadah aduk ketan dengan kelapa parut, lalu tumbuk dengan alu atau ulekan yg dibungkus plastik. lakukan sampai menjadi adonan uli.
- taruh dalam nampan(tampah) dialasi plastik , tekan-tekan, dinginkan.
- setelah dingin, dipotong-potong lalu goreng siap untuk disajikan.resep dari dapur bunda (fatmah bahalwan)

Baco Salengkapnyo...

KUE MENDUT

Bahan kulit :
120gr tepung ketan
¼ sdt garam
110cc santan cair hangat +pasta pandan secukupnya
Bahan isi:
50 gr gula merah
½ sdt garam
¼ sdt vanili
50 gr kelapa parut yg muda
1 lbr daun pandan
Bahan saus:
300ml santan
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
30 gr tepung hunkwe
Cara membuat:
Tahap 1 : isi: masak gula merah dengan 3 sdm air sampai cair lalu masukan kelapa parut , vanili, daun pandan, dan garam, aduk2 sampai adonan isi bisa dibentuk, dinginkan lalu bentuk bulat kecil.
Tahap 2: kulit: campur tepung ketan ,garam sambil diuleni dengan santan hangat aduk2 sampai bisa dibentuk.
Tahap3: ambil adonan kulit 1 sdm lalu isi dengan adonan kelapa bulatkan masukan ke dalam air mendidih ,setelah terapung angkat dan masukan pada air dingin yang telah matang. Sisihkan.
Tahap 4: saus: campur santan, garam, gula pasir, dan tepung hunkwe aduk supaya tepung larut kemudian masak sampai meletup-letup. Sisihkan.
Tahap 5: ambil 1 lembar plastic taruh 1 bulatan adonan lalu beri 2 sdm saus lipat seperti nagasari, siap utk disajikan.

Baco Salengkapnyo...

KLEPON


Bahan :
½ sdt garam
1 sdt air kapur sirih
pasta pandan/pewarna hijau secukupnya
175 ml air hangat
250 gr tepung ketan
100 gr gula merah, iris tipis
½ butir kelapa setengah tua, kupas kulitnya dan parut kasarkasih garam, kukus.

Cara membuat:
1. Larutkan garam, air kapur , air daun suji dan air hangat, aduk.
2. Campurkan ke dalam tepung ketan. Aduk dan uleni hingga campuran tepung tercampur rata dan kalis.
3. Ambil 2 sdt adonan, pipihkan, taruh ½ sdt gula merah ditengahnya. Tutup kembali dan bentuk menjadi bulatan.
4. Didihkan air, rebus klepon selama ± 5 menit atau sampai terapung. Angkat dan tiriskan.
5. Gulingkan klepon di dalam parutan kelapa parut. Sajikan.dikutip dari resep dekap terimakasih atas sharing resepnya

Baco Salengkapnyo...

DADAR ISI KENTANG

Bahan Dadar:
150 gr tepung terigu
1 btr telur, kocok
1/4 sdt garam
2 sdm air daun suji
200 ml santan kental
1 sdm margarin (secukupnya)
Isi:
350 gr kentang
100 gr gula pasir
100 ml santan kental
1 sdm minyak goreng
1 lbr daun pandan
1/2 sdt garam
Cara membuat:
* Buat dadar: Campur terigu, telur, garam dan air daun suji. Aduk rata dengan kocokan tangan sambil masukkan santan sedikit demi sedikit hingga adonan halus. Panaskan wajan antilekat dengan garis tengah kurang lebih 20 cm. Olesi wajan dengan margarin.Tuang 2 sdm adonan, putar wajan hingga adonan menutupi permukaan wajan dan tipis. Setelah matang, angkat, sisihkan.
* Buat isi: Campur semua bahan, aduk rata sambil dipanaskan di atas api kecil hingga dapat dipulung.
* Ambil selembar dadar, taruh 1 sdm isi, dan gulung bentuk amplop. bungkus dengan plastik
* Sajikan dalam bentuk hangat maupun dingin. dikutip dari tabloid nakita

Baco Salengkapnyo...

TAPE SINGKONG


Bahan :
1 1/2 kg singkong, kupas, cuci bersih, potong menurut selera
1,5 butir ragi tape, dihaluskan
daun pisang untuk alas

Cara Membuat :
-Kukus singkong hingga matang(Jangan kematangan ya karena nanti hasilnya jadi lembek) sisihkan dan Dinginkan.
-Setelah dingin, tata singkong dalam wadah bertutup yang telah dialasi daun pisang. (wadahnya kalo bisa disteril dulu biar ga ada bakteri yang bisa menghambat proses fermentasi).
-Taburi dengan ragi tape hingga rata.
-Tutup kembali dengan daun pisang lalu tutup dengan tutup wadahnya. Diamkan di tempat hangat selama 2-3 hari. siap untuk disantap .thanks atas sharing resepnya bunda adhit.

Baco Salengkapnyo...

TAPE KETAN BUNGKUS DAUN JAMBU

Bahan :
½ kg beras ketan cuci bersih lalu rendam selam 2 jam
1 ½ butir ragi tape lalu haluskan
400 ml air
pasta pandan secukupnya
Daun jambu dikukus sebentar biar layu (kalo saya tak payah)
air secukupnya
Tusuk gigi

Cara membuat:
-panaskan dandang sampai air mendidih.
-rendaman ketan dicuci bersih lagi lalu masak dengan air,pasta pandan sampai asat, kemudian masukan ke dalam dandang yang sudah mendidih masak sampai matang kurang lebih 45 menit. -setelah itu tata ketan diatas nampan biarkan sampai benar-benar dingin.
-taburi diatasnya dengan ragi sampai rata, baru deh ambil 1 sdm ketan taruh ke daun jambu lalu disemat dengan tusuk gigi, simpan dalam tempat yang tertutup rapat/toples juga bias, biarkan selama 3 hari, setelah itu baru deh bisa dimakan.selamat mencoba

Baco Salengkapnyo...

SOUN GORENG

Bahan:
150 gr soun rebus sebentar angkat lalu rendam dengan air dingin lalu tiriskan
1 btg daun bawang iris 1 cm
2 btg seledri iris halus
5 cabai merah iris serong
6 cabai hijau iris serong
1 sdm kecap manis

Bumbu halus:
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
½ sdt merica
1 sdt garam
¼ sdt gula pasir
1 sachet masako rasa ayam


Cara membuat:
-Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukan cabai merah, cabai ijo, seledri, daun bawang, aduk sebentar.
-Setelah itu masukan soun aduk rata sembari di beri kecap manis aduk terus supaya merata. Setelah itu angkat, taburi dengan bawang goring dan siap dihidangkan.

Baco Salengkapnyo...

PERKEDEL KENTANG

Bahan :
½ kg kentang kupas rebus lalu haluskan
1 sdm bawang goreng
1 sdm daun seledri iris
1 butir telur pisahkan kuning dan putihnya
1 sdm ebi di sangrai terus haluskan
Bumbu Halus :
3 butir bawang putih
½ sdt merica
1 sdt garam


Cara Membuat :
Campur bumbu halus dengan kuning telur kocok .
Campur kentang halus , seledri , bawang goreng , ebi dan terakhir masukan bumbu aduk sampai rata .
Ambil adonan satu sendok bulatkan lalu pipihkan, lumuri dengan putih telur kemudian goreng hingga kuning kecoklatan.

Baco Salengkapnyo...

TUMIS WARNA WARNI

Bahan :
5 buah sosis ayam iris tipis
3 buah wortel potong kotak kecil
1 kaleng jagung manis buang airnya
200 gr buncis iris kecil
8 buah cabai rawit diiris

Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
2-3 butir bawang putih
½ sdt merica
1 sachet masako rasa ayam
1 sdt gula pasir


Cara Membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukan cabai rawit dan semua bahan lalu tambahkan air 200 ml masak sampai bahan matang . siap untuk disajikan.

Baco Salengkapnyo...

SAMBAL TERONG

Bahan:
½ kg terong ungu potong jadi dua lalu belah
1 sdm kecap manis
150 ml air

Bumbu halus:
5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
75 gr cabe merah
1 butir tomat
1 sdm garam
¼ sdt vetsin
1 sdm gula merah


Cara membuat:
Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukan air, kecap, terakhir terong , masak sampai terong layu atau matang.

Baco Salengkapnyo...

ONDE-ONDE


BAHAN KULIT:
125 gr tepung ketan
15 gr tepung beras
½ sdt garam
1 sdt vanili
150 cc air
100 gr wijen

ISI:
200 gr kacang hijau direbus sapai empuk
150 cc santan kental
100 gr gula pasir (75 gr gula pasir + 50 gr gula merah)
1 sachet vanili
1 lembar daun pandan
2 sdm minyak goreng

CARA MEMBUAT:
1. Buat isi: haluskan kacang hijau. Masak bersama bahan lainnya sampai kalis.,aduk rata, angkat.
2. Masak air, garam, dan vanili sampai mendidih, angkat. Biarkan hangat-hangat kuku.
3. Buat kulit: campur tepung ketan dan tepung beras, lalu masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
4. Diamkan adonan selama 15 menit. Ambil 1 sendok makan adonan tepung, isi dengan isian, bentuk bulatan. Sisihkan.
5. Celupkan dalam air sebentar, gulingkan dalam wijen, kepal-kepal.
6. Panaskan minyak dalam wajan dengan api kecil. Goreng onde sampai kecokelatan dan matang.

Baco Salengkapnyo...

LAPIS TEPUNG BERAS & NANGKA


Bahan:
1100 ml santan yang sedang
250 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
pasta pandan secukupnya
1 sachet vanili
4 butir nangka potong kotak kecil

Cara:
1. Rebus santan, garam, vanili,gula pasir hingga mendidih,Biarkan hingga dingin.
2. Taruh dalam wadah tepung beras dan tepung tapioca aduk rata kemudian masukan rebusan santan aduk sampai tercampur rata.
3. Bagi 2 adonan tsb sama rata yang satu beri warna hijau yang satunya biarkan tetap putih, adonan putih beri irisan nangka.
4. Siapkan dandang Panaskan hingga air mendidih.taruh loyang ukuran 20 cm yang dioles minyak goreng dan dialas plastik. Masukan ke kukusan.
5. ambil 2 sendok sayur adonan putih. tuang ke loyang. tutup kukusan, masak kira-kira 3 menit lalu tambahkan 2 sedonk sayur adonan hijau. tuang ke atas lapisan putih, masak lagi seperti diatas lakukan bergantian hingga adonan habis. terakhir kukus selama 25 menit.angkat dan dinginkan.

Baco Salengkapnyo...

AIR TAHU or SUSU KEDELAI


Bahan :
Kedelai secukupnya direndam selam kurang lebih 6 jam
1 lbr daun pandan
gula pasir secukupnya
air secukupnya


Cara membuat :
Kedelai dicuci sampaia bersih lalu blender bersama air peras ambil sari kedelai nya, kemudian masak dengan gula pasir dan daun pandan sampai mendidih, angkat , siap untuk disajikan. (lebih enak didinginkan terlebih dahulu).

Baco Salengkapnyo...

BRONDONG JAGUNG




Brondong ini kesukaan saya banget tapi makanan ini sudah mulai agak jarang tapi direngat sini masih banyak sih, brondong ini campuran dari gula tebu,vanilla dan tentunya tidak ketinggalan dong brondong jagung atau brondong beras .Cuma yang saya masih heran bikin jagungnya bisa empuk dan renyah gitu. gimana caranya ya kalo buat brondong sendiri ? oh ya diantara kalian ada yang tahu nggak ya? kasih tahu saya ya proses membuat brondong secara tradisionalnya.

Baco Salengkapnyo...

SERABI or PENEKUIK



Ini dia serabi yang ada di rengat saya paling suka serabi ni rasanya yang agak asam hampir mirip dg rasa kue apem gitu dech. sorry baru ada gambarnya ya masih cari info resep dari tetangga direngat kali aja ada yang mau ngasih resepnya iya nggak? , tapi katanya sich serabi ini dari minang, kalo kalian ada yang tahu kasih resepnya ke saya ya.

Baco Salengkapnyo...