Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Malas Ke Sekolah



Ini kisah lama yang mungkin anda sudah tahu, tetapi sangat bagus untuk menggambarkan berbagai situasi dan pesan.

Adalah seorang ibu yang telah berulangkali memanggil anak lelakinya agar segera bangun, berpakaian dan bersiap ke sekolah. Tampaknya sudah menjadi kebiasaan si anak, terutama bila menghadapi ulangan.

"Saya sakit, bu," jawab si anak dari tempat tidurnya.

"Kamu tidak sakit. Ayo bangun dan segera bersiap!," teriak ibunya sambil menuju kamar tidur si anak.

"Aku benci sekolah, dan aku nggak mau ke sekolah," jawab si anak dari tempat tidurnya, "Saya selalu berbuat salah, membuat keliru dan jadi omongan. Tak ada yang menyukaiku, aku nggak punya teman. Dan terlalu banyak ulangan, mana semuanya membingungkan. Tidak ada gunanya bagiku, dan aku takkan pergi ke sekolah lagi."

"Sayang sekali, tetapi kau harus kesekoah," kata ibunya dan terus membujuknya, "Memang begitu, kesalahan adalah cara bagaimana kita belajar dan berkembang. Dan cobalah jangan terlalu memasukkan kritik ke dalam hati. Dan saya tak percaya tak ada orang yang menyukaimu - kamu punya banyak teman di sekolah. Ah ya, semua ulangan itu bisa saja membingungkan, tetapi kita memang harus menghadapi banyak ujian selama kita hidup, jadi semua pengalaman di sekolah itu berguna bagi hidup kita secara umum. Disamping itu, kamu memang harus pergi, karena kamu kan kepala sekolah!"


0 komentar: