Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Kecerdasan Emosional Kunci Sukses Berkarier

Kecerdasan EmosionaSebuah penelitian dilakukan oleh Steven J Stein dan Howard E. Book, dua Doktor pakar psikologi klinis dari Universitas Toronto, Kanada. Responden penelitian berjumlah 4.800 orang, berasal dari Amerika dan Kanada. Hasilnya: EMOTIONALQUOTIENT berperan sebesar 15-45 persen bagi sukses hidup seseorang - dalam beberapa profesi. Buku yang memuatnya berjudul The EQ Edge: Emotional Intelligence and Your Success (Stoddart Publishing, Toronto, 2000). 


Apa kecerdasan emosional (EQ), dan bagaimana mengoptimalkan kecedasan khusus ini? Kecerdasan emosional dikenalkan oleh Peter Salovey dan Jack Mayer. Pengertiannya, kemampuan untuk mengenali perasaan, meraih dan membangkitkan perasaan untuk membantu pikiran, memahami perasaan dan maknanya, dan mengendalikan perasaan secara mendalam sehingga membantu perkembangan emosi dan intelektual. 

Kecerdasan emosional biasanya disebut “street smarts (pintar)”, atau kemampuan khusus yang kita sebut “akal sehat”, terkait dengan kemampuan membaca lingkungan politik dan social, dan menatanya kembali; kemampuan memahami dengan spontan apa yuang diinginkan dan dibutuhkan orang lain, kelebihan dan kekurangan mereka; kemampuan untuk tidak terpengaruh oleh tekanan; dan kemampuan untuk menjadi orang yang menyenangkan, yang kehadirannya didambakan orang lain. 

Lima factor ranking teratas (dari 30 faktor kunci EQ), menurut Stein dan Book, dapat digunakan untuk memperjelas ‘sosok’ kecerdasan itu. Yaitu:

(1) jujur kepada semua orang,
(2) menerapkan disiplin,
(3) bergaul baik dengan orang lain,
(4) memiliki suami atau istri yang mendukung,
 (5) bkerja lebih giat daripada kebanyakan orang. INilah perbandingan IQ (Kecerdasan intelektual, 

Intellectual Quotient) disbanding EQ untuk sukses hidup seseorang: IQ dapat digunakan untuk memperkirakan sekitar 1-20% keberhasilan dalam pekerjaan tertentu. EQ berperan 27-45% berperan langsung dalam pekerjaan, berganting jenis kerjanya. Dan skor tertinggi EQ dimiliki manusia dengan kisaran usia 40-49, sebesar 102,7 point (paling tinggi).

Bagaimana mengoptimalkan EQ kita, sehingga menjadi manusia sukses?Sukses perlu dipandang dengan cara baru. Yaitu hasil gabungan atau ramuan sejumlah kompetensi, beberapa di antara yang tak terduga sama sekali. Lalu, untuk mengoptimalkan EQ, secara garis besar ada dua langkah.Yaitu  :

(1) mengenali emosi sendiri, untuk menerapkan manajemen yang efektif; dan
 (2) kesadaran diri, factor yang penting dalam memotivasi diri sendiri untuk melakukan yang terbaik, dari waktu ke waktu.Tak ada rumus sukses instan.Juga tak ada langkah potong kompas dan langsung menuai hasil.Yang jamak dilakukan; meniti jalan sukses secara bertahap, dimulai dari niat yang benar, berbuat dan bertindak sesuai dengan peta dan navigasi diri di jalan lurus.Jika ada hambatan rintangan selalu tabah. Dan berakhir di garis finih yang merupakan fase atau terminal satu – yang akan disusul pada perjalanan ke terminal (sukses) berikutnya. 

Selain itu, Doktor Stein dan Dr. Book juga membuat dan menawarkan resep kue (atau sejumlah kombinasi berbagai factor) untuk menghasilkan kue yang paling lezat.Paduan resep kue ini pun, merupakan hasil penelitian juga.Jadi, secara empiric, telah terbukti.Berminat? Ikuti yuk.

Untuk sukses kerja secara keseluruhan (responden 4.800), lima factor terpenting EQ adalah: aktualisasi diri, kebahagiaan, optimism, penghargaan diri, sikap asertif. Untuk sukses wiraniaga, lima factor terpenting EQ adalah: aktualisasi diri, sikap asertif, kebahagiaan, optimism, dan penghargaan diri. 

Untuk sukses tenaga Pemasaran professional, lima factor terpenting EQ adalah: optimism, uji-realitas, kemandirian, pengendalian impuls, dan tanggung jawab social. 

Untuk sukses pelayanan pelanggan, lima factor terpenting EQ adalah: ketahanan menanggung stress, sikap asertif, kebahagiaan, hubungan antarpribadi, dan aktualisasi diri. 

Petugas Bagian Personalia, lima factor terpenting EQ untuk sukses adalah: kebahagiaan, aktualisasi diri, optimism, sikap asertif, ketahanan menanggung stress.  

Kasir atau Teller Bank, lima factor terpenting EQ untuk sukses adalah: ketahanan menanggung stress, optimism, penghargaan diri, aktualisasi diri, uji-realitas. 

Manajer Perencanaan Produksi, lima factor terpenting EQ adalah: sikap fleksibel, pemecahan masalah, kemandirian, pengendlaian impuls, dan aktualisasi diri. 

 Tenaga Medis/teknis, lima factor terpenting EQ yang dibutuhkan adalah: penghargaan diri, optimism, uji realitas, aktualisasi diri, dan kemandirian.

 Adapun untuk manajer senior, lima factor terpenting EQ adalah: penghargaan diri, kebahagiaan, hubungan antarpribadi, uji-realitas, dan aktualisasi diri.

Referensi : VIVAlife


Baco Salengkapnyo...

9 Faktor Hilangnya Konsentrasi


Ketika Anda dihadapkan pada tugas sekolah atau suatu pekerjaan yang memeras otak, terkadang Anda kesulitan untuk berkonsentrasi dan membuat pekerjaan Anda tidak optimal. Otak Anda akan mengalami kurangnya konsentrasi ketika Anda dihadapkan pada kondisi tubuh tertentu.





1. Kadar hormon dan vitamin yang rendah
Pikiran yang kadang linglung dapat menandakan defisiensi vitamin atau hormon, terutama jika Anda sedang merasa kelelahan. Sebagai contoh, jika Anda kekurangan hormon tiroid, metabolisme tubuh akan melambat, aliran darah berkurang dan fungsi sel otak tidak dapat bekerja optimal. Kurangnya vitamin B-12 dalam tubuh juga memiliki gejala yang sama.

Anda dapat memeriksakan perihal defisiensi hormon dan vitamin ke dokter yang ditandai masalah kardiovaskular seperti hipertensi, kolesterol tinggi, sindrom metabolik atau pradiabetes. Jika masalah ini tidak ditangani, dapat menyebabkan penurunan kognitif.

2. Hormon Anda telah rusak
Wanita yang menjelang masa menopause (perimenopause) akan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Kurangnya konsentrasi adalah keluhan umum dari wanita pada masa ini.

Kebanyakan wanita menggambarkannya sebagai perasaan kabur, kosa kata berkurang, dan tidak dapat berpikir jernih. Tanda-tanda lain yang menunjuk ke perimenopause adalah berkeringat di malam hari dan kekeringan vagina.

3. Anda menggunakan obat-obatan tertentu
Penggunaan obat anti depresan dapat mempengaruhi mood dan konsentrasi Anda. Antihistamin dan obat penenang dapat menyebabkan kantuk, sedangkan antidepresan dan obat-obatan lain yang sejenis dapat menggangu kerja otak. Orang yang menggunakan obat statin kadang-kadang akan kehilangan kejernihan mental.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat-obatan, lebih baik konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Tanyakan apakah ada obat yang diketahui menyebabkan gangguan konsentrasi ketika dikonsumsi atau saat Anda berhenti mengonsumsinya.

4. Anda berhenti merokok
Anda akan mengalami kesulitan berkonsentrasi saat Anda berhenti merokok karena pengaruh nikotin yang telah membuat Anda kecanduan. Tapi hal ini akan berlalu dan kesehatan mental Anda akan segera membaik seiring berkurangnya pengaruh buruk nikotin pada tubuh.

5. Pola makan yang buruk
Kebiasaan makan yang buruk meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit terkait yang dapat merusak fungsi kognitif. Kelebihan berat badan atau obesitas membuat Anda lebih sulit untuk tetap aktif, padahal tubuh yang aktif penting untuk kesehatan otak. Makan ikan dan sayuran serta mengurangi makan daging dan makanan berlemak jenuh akan membuat otak Anda tajam kembali.

6. Anda terlalu sibuk
Anda mungkin sangat sibuk, sehingga aktivitas otak terlalu divorsir tanpa disertai aktivitas fisik yang dibutuhkan otak. Olahraga meningkatkan produksi zat yang dapat merangsang kerja otak dan memperlambat pembentukan plak yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Mulailah berolahraga dan Anda akan merasakan otak lebih tajam dan lebih bisa fokus.

7. Anda memiliki kecemasan yang berlebihan
Ketika Anda terlalu mencemaskan sesuatu, Anda akan kesulitan berkonsentrasi melakukan pekerjaan Anda. Begitulah cara otak merespon ancaman nyata atau bayangan. Anda menjadi terlalu waspada terhadap lingkungan.

Lakukanlah sesuatu yang menyenangkan untuk membersihkan kepala Anda dari hal-hal yang membuat cemas. Berbagi cerita dengan teman dekat juga dapat mengurangi kekhawatiran yang berlebihan.

8. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan setiap hari
Jika Anda memiliki daftar pekerjaan harian yang terlalu banyak dan membutuhkan daya ingat, bisa berarti Anda akan mengalami kelupaan dan gangguan kerja otak. Orang kadang tidak dapat mengikuti pikirannya karena terlalu banyak beban yang harus diingat di otaknya.

9. Menderita ADHD
Seseorang dapat menderita Attention Deficit terdiagnosis Hyperactivity Disorder (ADHD) ketika dewasa yang ditandai dengan gejala ketidaksabaran, pelupa dan mengalami kesulitan menyelesaikan tugas kantor. Ketika Anda memiliki masalah dengan konsentrasi, periksakan segera ke dokter untuk mengetahui kemungkinan Anda menderita ADHD.

Baco Salengkapnyo...

Amerika Serikat Memperingatkan Gula Lemahkan Kemampuan Otak


Sebuah studi oleh para ilmuwan AS menemukan, mengonsumsi gula secara berlebihan dapat menggerogoti kemampuan otak. Penelitian itu menemukan bahwa diet rutin berupa sirup jagung kaya fructose melemahkan daya ingat tikus laboratorium.


Para periset di University of California Los Angeles (UCLA) memberi makan dua kelompok tikus dengan suatu larutan berisikan sirup jagung kaya fructose -- suatu unsur yang umum terdapat dalam makanan hasil olahan -- seperti minum air selama enam pekan.

Satu kelompok tikus diberi suplemen dengan asam lemak omega-3 penopang otak dalam bentuk minyak biji rami dan docosahexaenoic acid (DHA), sedangkan kelompok lainnya tak diberi suplemen demikian.

Sebelum minum gula itu dimulai, para tikus tersebut disertakan dalam sesi pelatihan lima hari di jaringan jalan yang ruwet. Tikus-tikus tersebut ditempatkan kembali di jaringan jalan itu enam pekan kemudian dengan diberi larutan manis tadi untuk mengetahui seberapa baik kemampuan mereka.

"Binatang yang kekurangan DHA ternyata jadi lamban, dan otak mereka menunjukkan suatu penurunan aktivitas sinaptik," ungkap Fernando Gomez-Pinilla, profesor ahli bedah syaraf dari David Geffen School of Medicine universitas tadi.

"Sel-sel otak mereka mengalami kesulitan untuk memberi sinyal satu sama lain, sehingga mengacau kemampuan tikus-tikus itu untuk berpikir dengan jelas dan mengingat rute yang mereka pelajari enam pekan sebelumnya."

Suatu penelitian cermat atas otak tikus menemukan bahwa tikus-tikus yang tak diberi suplemen DHA juga menunjukkan tanda-tanda resistensi terhadap insulin, suatu hormon yang mengendalikan gula darah dan mengatur fungsi otak.

"Karena insulin dapat menembus kendala otak-darah, hormon itu mungkin menyebabkan syaraf memicu reaksi-reaksi yang mengganggu pembelajaran dan menyebabkan kehilangan daya ingat," singkap Gomez-Panilla.

Dengan kata lain, mengonsumsi fructose terlalu banyak dapat mengacau kemampuan insulin untuk mengatur bagaimana sel-sel menggunakan dan menyimpan gula, yang diperlukan untuk memproses pikiran dan emosi. "Insulin penting artinya dalam tubuh untuk mengontrol gula darah, akan tetapi insulin juga bisa memainkan peran berbeda dalam otak tempat insulin tampak mengganggu daya ingat dan proses belajar," papar ahli tadi.

"Studi kami menunjukkan bahwa diet kaya fructose bisa merusak otak serta tubuh. Ini merupakan sesuatu yang baru."

Sirup jagungn yang kaya fructose umumnya ditemukan dalam soda, bumbu, saus apel, makanan bayi dan makanan ringan olahan lainnya. "Temuan-temuan kami menunjukkan bahwa apa yang Anda makan dapat mempengaruhi bagaimana Anda berpikir," lanjut ilmuwan tersebut.

"Memakan diet kaya fructose dalam jangka panjang dapat mengubah kemampuan otak anda untuk belajar dan mengingat informasi. Namun menambahkan asam omega-3 ke makanan Anda dapat membantu meminimasi dampak yang ditimbulkannya." Hasil penelitian itu disiarkan dalam Journal of Physiology.

Baco Salengkapnyo...

8 Cara Membuat Otak Lebih Cerdas



Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernah meneliti otak tikus. Mereka menemukan, otak tikus tumbuh sebesar 4 persen saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari, misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjat tangga, dan bersosialisasi dengan tikus lain.


Nah, otak tikus saja bisa dilatih untuk tumbuh, apalagi otak manusia. Makin dilatih, otak kita pasti kian tajam. Kehilangan daya ingat dalam jumlah tertentu pada usia berapa pun adalah wajar, sama seperti terjadinya perubahan pada organ tubuh lain. Yang penting, jangan malas untuk rajin melatih otak kita agar daya ingat tetap kuat sepanjang masa.

Inilah 8 Cara membuat Otak Anda Lebih Cerdas:

1. Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2. Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

4. Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

6. Tekuni hobi. Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi Anda.

7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

8. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

Baco Salengkapnyo...

Efek Apa yang terjadi Kalau Bayi Kurang Tidur?

Tidur adalah waktunya untuk beristirahat. Tetapi tahukah Anda kalau tidur bagi bayi bukan hanya untuk istirahat? Berkualitas atau tidaknya tidur pada bayi akan memengaruhi perkembangannya.




Dijelaskan dr. Rosilana Dewi Roeslani Sp.A(K), waktu bayi bangun lebih sedikit dari pada waktu tidurnya. Waktu tidur yang dibutuhkan seorang bayi kurang lebih sekitar 16 - 20 jam per hari. Bayi berumur 0 - 4 bulan membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang.

Saat tidur, ada dua fase yang dialami bayi yaitu Rapid Eye Movement (REM) dan non-Rapid Eye Movement (non-REM). Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo itu menjelaskan ketika dalam fase REM terekam kerja otak sangat aktif, berbeda dengan fase non-REM. Fase non-REM adalah fase seseorang benar-benar tertidur pulas. Masing-masing fase memiliki manfaat, khususnya pada bayi.

Dalam tidur yang lelap atau non-REM tubuh bekerja untuk menghasilkan Growth Hormon (hormon pertumbuhan) untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel yang rusak. "Dalam deep sleep atau non-REM akan dikeluarkan hormon pertumbuhan atau Growth Hormon. Hormon pertumbuhan berguna untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Selain hormon pertumbuhan akan dikeluarkan juga hormon prolaktin dan kortisol," ujar dr. Rosi saat ditemui di Djakarta Theater Building, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2012)

Selain itu pada fase non-REM, bayi juga belajar untuk mengenal suara atau elusan dari ibu. Tak hanya itu saja, selama fase non-REM terjadi penggabungan protein yang berguna untuk mengganti sel-sel yang rusak. Penggabungan protein tersebut juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Apabila bayi Anda kurang tidur maka ketahanan tubuh akan menurun karena ada gangguan dalam pembentukan beberapa protein.

Sedangkan tidur pada fase REM berperan dalam perkembangan otak bayi dalam mengingat gerakan motoris dan menguatkan daya ingat. Sehingga ketika bayi kurang tidur, dapat mengganggu proses belajar serta kemampuan berpikirnya.

Sumbaer : wolipop.com

Baco Salengkapnyo...

Download Musik Mozart untuk Kecerdasan Anak

Mozart merupakan musik dari eropa yang dapat membantu menambah daya ingat terutama pada kemampuan kognitif anak, untuk penjelasan lebih detail mengenai mozart silahkan lihat disini.





Bagi anda khususnya para orangtua musik mozart sangat cocok untuk buah hati anda kenapa ya, karena disamping manfaatnya untuk kemampuan kognitif anak anda. Musik ini juga dapat menimbul empati untuk mengasah eq anak anda.

Jadi bukan hanya pandai dalam pelajaran semata, melainkan kaya akan hati menjadi orang yang baik tentunya. Untuk itu silahkan bila anda ingin anaak anda lebih meningkat dalam proses belajar silah download gratis semua kalau anda mau berikut pilihanya :

1.  Beethoven's Symphony 
2. Beethoven The Best Piano
3. Mozart The Musical of Rome 1
4. Mozart The Musical of Rome 2
5. Mozart Villanosam
6. Mozart Wombsong Musical Soup
7. Van Mozart

Baco Salengkapnyo...

Perbedaan Mendasar Otak Pria dan Wanita

Perbedaan Mendasar Otak Pria dan Wanita : Pertempuran jenis kelamin telah terjadi selama berabad-abad, dan kemungkinan ini tak akan pernah berakhir. Namun kini, para ahli akhirnya mengungkap beberapa pembeda.Kini setidaknya hasil penelitian ilmiah berhasil mengungkap beberapa perbedaan biologis dan fisiologis antara pria dan wanita. Di konferensi tahunan British Psychological Society, tema ini menjadi sorotan.Di konferensi ini, para ahli mengupas beberapa perbedaan dalam kemampuan kognitif di antara jenis kelamin ini. Misalnya, hasil studi menunjukkan, pria memiliki keterampilan kesadaran spasial lebih baik.Sedangkan wanita, memiliki daya ingat untuk benda-benda yang lebih kuat serta kefasihan dalam lisan. Dengan sifat-sifat yang umumnya direplikasi di lintas budaya dan bangsa, hal ini menunjukkan asal dari biologis di alam.

Profesor psikologi Diane Halpern dari Claremont McKenna College di California, Amerika Serikat (AS) berharap bisa memperbaiki keyakinan yang dipopulerkan pada 1980-an menyatakan, otak pria dan otak wanita hampir identik.

Di sisi lain hal itu merupakan budaya dan sifat alami yang menyebabkan perbedaan ini. “Kita memangmelakukan sosialisasi pada anak laki-laki dan perempuan dengan cara yang berbeda. Namun kontribusi biologi yang ada bukanlah nol,” katanya. Beberapa perbedaan utama antara pria dan wanita yang diyakini adalah biologis dalam sifat alami. Termasuk, pria yang memiliki kemampuan kuat untuk memikirkan obyek dalam bentuk 3D yang membantu mereka menavigasi.

Bahkan perbedaan ini telah terlihat dalam hasil studi yang melibatkan bayi berusia tiga bulan. Sedangkan wanita, wanita ‘lebih baik dalam mengingat letak benda-benda’ dan lebih bisa menavigasi melalui landmark dibanding sifat umum navigasi laki-laki yang berupa arah.

Beberapa perbedaan yang dirasakan di antara kedua jenis kelamin menurun pada tekanan budaya. Misalnya, menurut Halpern, ada keyakinan pria lebih baik dalam memecahkan masalah matematika dan perempuan lebih baik dalam membaca dan menulis.Namun sejumlah perbedaan ini cenderung memudar di masyarakat yang memposisikan antarjenis kelamin setara. Ada pula kritik mengenai pengujian standar yang bias pada salah satu jenis kelamin.

Jika jenis kelamin bukan masalah bagi masyarakat, pertanyaan yang muncul adalah, “Mengapa 90% dari manajer perusahaan adalah laki-laki, dan 90% dari sekretaris yang ada di perusahaan adalah perempuan?” Halpern mengatakan, sementara wanita sebagian besar melakukan pekerjaan ‘perawatan,’ seperti mengasuh anak atau membantu orang tua, ketidaksetaraan ini akan tetapada.Namun di sisi lain, masyarakat kehilangan pria yang berbakat di bagian domestik dan pengasuhan, lanjutnya. “Kami tak akan bisa mendapat kesetaraan dalam pekerjaan, jika tak ada kesetaraan di dalam rumah,” pungkasnya.

Baco Salengkapnyo...

Tips Agar Lansia Tidak Pelupa

“Duh, otak saya (maksudnya kemampuan mengingat, red) sudah lemah saat ini. Lihat aja, saya sudah tidak mampu mengingat nama Direktur Perusahaan A”,sebenarnya ini rahasia.. begitu sering penulis dengar dari pria berusia 80-an tahun. Memang bagi mereka yang tergolong lansia (usia sama atau lebih dari 60 tahun) ada anggapan bahwa sudah lazim daya ingatnya akan mulai menurun. Namun menurut Mr Brain Indonesia dalam salah satu acara di TV, pernyataan berkali-kali bahwa daya memori kita sudah menurun, akan lebih mempercepat turunnya daya ingat tersebut. Masuk akal juga. Sesuatu hal yang diucapkan berkali-kali adalah semacam konfirmasi yang makin hari kita akan semakin yakin dengan ucapan kita tersebut.

Masih menurut Sutanto Windura (a.k.a Mr Brain), sebagian besar dari kita hanya menggunakan 1% saja dari kemampuan otak kita. Masih tersisa 99% dari otak kita yang belum dioptimalkan (untuk kalangan lansia, dengan proses degeneratif -menurut penulis- bolehlah di-discount sekitar 10 - 20% lagi, inipun masih menyisakan kemampuan yang banyak khan?) . Caranya adalah pertama-tama mengetahui peta otak kita (brain map). 

Dijelaskan oleh Mr Brain, fungsi dari otak kiri dan otak kanan. Otak kiri yang eksak-eksak (logika, rasio, kemampuan menulis & membaca / matematika), sedangkan otak kanan yang non eksak seperti emotional quotient misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta emosi. Termasuk fungsi otak kanan adalah kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan dan ekspresi tubuh seperti menyanyi, menari dan melukis. Detilnya bisa lihat gambar yang saya kutip dari http://www.eriktapan.com.

Baco Salengkapnyo...

Jangan Anggap wortel Hanya Makanan Biasa

Wortel biasanya dikaitkan dengan kelinci, mata kelinci yang besar dan jernih menyimpan sesuatu yang tersembunyi. Sesuatu itu adalah bagaimana ketajaman kelinci dalam melihat serta berfikir cepat seperti gerakannya yang cepat. Nah sobat mungkin tak tahu bahwa wortel menyimpan manfaat yang sangat bagus untuk otak sobat. Mengapa demikian simak dengan serius penjelasan berikut.

Denagan mengonsumsi wortel dan minyak zaitun menunda penuaan kognitif pada aktivitas otak seperti berpikir, mengingat, serta logika?


Dengan kata lain, dua bahan makanan itu membantu meningkatkan daya ingat, lho. Wortel dan minyak zaitun memiliki senyawa luteolin. Senyawa itu mampu mengurangi peradangan terkait kapasitas otak dan memori, seperti usia.

Sebuah penelitian di University of Illinois pun menemukan senyawa bermanfaat itu dalam paprika, seledri, peppermint, rosemary, dan chamomile. Penelitian dilakukan dengan memberi luteolin kepada tikus percobaan. Hasil penelitian menunjukkan tikus dewasa yang diberikan asupan senyawa tersebut terbukti memiliki tingkat radang otak yang sama dengan tikus muda. Artinya, peradangan dapat diminimalkan.

Luteolin yang diberikan selama empat minggu dapat mencegah proses penuaan normal yang menghasilkan molekul inflamasi. Molekul-molekul ini sangat berkontribusi terhadap masalah memori.

"Ketika kita memberi luteolin ke tikus dewasa, zat ini mengurangi peradangan otak secara signifikan. Pada saat yang sama, memori juga bekerja lebih baik. Sebenarnya hampir sama dengan kualitas memori pada tikus muda," kata Rodney Johnson, profesor dari University of Illinois, yang melakukan penelitian tersebut seperti dilansir

Sumber : HealthDayNews.

Baco Salengkapnyo...

Kentang dapat Mengobati Maag

Kentang dapat Mengobati Maag

Makanan memang sangat sering disalahkan atas timbulnya Maag. Padahal, jika anda bisa membatasi beberapa makanan yang membuat iritasi lambung, Maag tidak akan pernah muncul.

Iritasi lambung memang bisa saja diobati dengan obat-obatan trandisional ataupun dari dokter, tapi obat-obatan dapat menggangu penyerapan zat besi dan folat.

Untuk mengatasi masalah Maag, coba atasi dengan makanan yang lain atau yang lebih sehat. Kentang diyakini bisa memberikan nutrisi yang dapat membantu meredakan asam lambung.

Ilmuan dari Manchester University, Inggris, Menjelaskan bahwa kentang mengandung Molekul Antibakteri, yang dikenal dengan "Jus Kentang" .

Uniknya, tidak seperti antibiotik, bakteri yang dapat memberikan perlawan terhadap "Jus Kentang" dan tidak menimbulkan Efek Samping.
"Kami Melihat "Just Kentang" Sebagai produk yang dapat mencegah dan menghentikan sakit maag yang bisa semakin parah, dan setiap orang menggunakannya sebagai bagian dari gaya hidup mereka"
Tandas Profesor Mikrobiologi dari Faculty of Life Science, Ian Roberts, yang dilansir melalui Dailymail.

Sumber : Id She Yahoo

Baco Salengkapnyo...

Efek Negatif dari Minuman Bersoda

Efek Negatif dari Minuman Bersoda

Minuman Bersoda, Minuman yang enak namun rentan Penyakit. Jika anda suka sekali dengan minuman bersoda sebaiknya mulai hari ini, detik ini juga lebih baik dikurangi karena bahaya yang terdapat di Minuman bersoda sangat Vatal.

Minuman bersoda mengandung sedikitnya Pemanis buatan, Pewarna buatan, Kafein, dan asam Fosfat.
Berbagai kandungan disinyalir dapat membahayakan Ginjal. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat bahwa mereka yang mengkonsumsi Minuman Bersoda minimal 2 kali sehari akan mengalami kerusakan kurang lebih 30 persen pada ginjal dan fungsinya.
Fungsi Ginjal adalah sebagai Penyaring Rancun, jadi semisalkan Ginjal kita rusak itu sangatlah berbahaya bagi tubuh kita.

Minuman Bersoda juga sangat berbahaya pagi para penderita diabetes, karena Minuman Bersoda mengandung gula yang tinggi. Bahkan anda yang normal juga berpotensi terkena penyakit diabetes, kalau anda mengkonsumsi Minuman Bersoda secara berlebih. Diabetes bukan hanya akibat faktor keturunan, Jadi orang normal pun bisa terkena diabetes.

Minuman Bersoda juga mengandung Kalori yang besar. Mengkonsumsi Minuman Bersoda secara berlebih juga dapat menyebabkan Obesitas, Obesitas juga dapat menjadi Pemicu dari segala penyakit serius, Seperti halnya, Diabetes, Stroke, Kerusakan Jantung Koroner, dan berbagai penyakit Serius Lainnya.

Kandungan Asam Fosfat pada Minuman bersoda juga dapat Menyebabkan Tulang Rapuh. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti di Univesitas harvard, mereka mengamati dan membandingkan seorang atlet yang meminum minuman bersoda dan yang tidak meminumnya, Hasilnya, atlet yang rutin meminum minuman Bersoda mengalami patah tulang 5 kali lebih banyak daripada atlet yang tidak mengkonsumsi Minuman Bersoda tersebut.

Ternyata banyak sekali Efek Negatif dari Minuman Bersoda tersebut, Jadi bagi orang-orang yang sudah baca artikel ini diharapkan untuk bisa mengurangi Minuman Bersoda, bahkan kalau perlu berhenti Meminum, Minuman bersoda, Meri buat Hidup Sehat dengan Gaya Hidup Sehat.

Baco Salengkapnyo...