Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Enam Makanan yang Bikin Otak & Badan Tetap Bugar




Keenam makanan ini bisa menjaga aliran darah ke otak tetap lancar sehingga tubuh pun menjadi bugar.

JAKARTA, Jaringnews.com - Banyak makanan yang kita makan setiap harinya, tetapi tidak semuanya menyehatkan dan baik untuk tubuh. Padahal, salah memilih makanan bisa membuat tubuh menjadi lesu dan sulit untuk berkonsentrasi saat melakukan aktifitas, baik belajar atau pun bekerja.

Tubuh dan otak memerlukan nutrisi berkualitas agar tetap berfungsi dengan baik. Seperti dikutip dari huffingtonpost.co.uk, para peneliti dari Inggris membeberkan, sedikitnya ada enam makanan yang mampu menjaga tubuh agar tetap bugar meski lelah bekerja.

1. Alpukat

Buah berwarna hijau ini adalah besar lemak sehat yang bisa melancarkan jalan darah atau sirkulasi ke otak. Ini jelas penting untuk meningkatkan aliran darah ke otak serta memelihara fungsi otak yang sehat.




2. Oily Fish (minyak ikan)

Minyak ikan tidak hanya untuk menggemukan badan saja. Omega-3 dan asam lemak esensial yang ditemukan pada minyak ikan yang terdapat pada beberapa jenis ikan, seperti sarden, herring, mackerel dan trout, serta pada minyak kenari dan biji rami, memiliki kadar asam docosahexaenoic (DHA). Untuk diketahui, DHA merupakan asam lemak yang penting untuk mempertahankan sistem saraf yang sehat.

DHA rendah dikaitkan dengan terkenanya penyakit Alzheimer dan kehilangan memori. Ikan sendiri mengandung yodium, yang dikenal untuk meningkatkan kejernihan mental.




3. Kacang dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber besar dari antioksidan vitamin E yang berhubungan dengan penurunan kognitif pada usia anda. Asupan vitamin E terkait mencegah memori yang kurang.

Kacang adalah sumber vitamin E bersama dengan sayuran hijau, biji-bijian, telur, beras merah dan biji-bijian. Contohnya biji labu yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otak, seperti meingkatkan memori dan kemampuan berpikir.




3. Blueberry

Rutin mengonsumsi buah Blueberry terbukti dapat melindungi otak dari stres, demensia, dan penyakit alzheimer. Selain itu, diet blueberry secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan motorik.




4. Tomat

Tomat mengandung lycopene, antioksidan kuat yang membantu melindungi otak dari kerusakan radikal sel-sel bebas yang terjadi dalam pengembangan dementia, terutama Alzheimer.




5. Brokoli

Sebagai penghasil vitamin K, brokoli dikenal untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak.




6. Roti gandum dan beras merah

Jenis makanan ini berkontribusi untuk menjaga otak tetap sehat sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan meningkatnya kesehatan jantung dan aliran darah meningkat, otak dipastikan akan berkembang dengan baik. Pasalnya, oksigen yang masuk ke otak akan meningkat, begitu pula pengiriman nutrisi melalui aliran darah.

(Aml / Kru)

0 komentar: