Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Omega-3 Ampuh Cegah 1001 Penyakit

detail berita
Ikan salmon (Foto: Google)
MENCEGAH lebih baik daripada mengobati. Pepatah tersebut rasanya sangat pas diterapkan dalam hal menjaga kesehatan. Daripada mengobati penyakit yang datang, lebih baik menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit itu datang.

Salah satu cara menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit menakutkan seperti sakit pada jantung (serangan), otak (alzheimer dan demensia), bahkan risiko kebutaan, adalah dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon, mackerel, dan sarden.

Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti dari Inggris di Pusat Penelitian Penyakit Alzheimer.

"Orang yang diet tinggi vitamin dan asam lemak omega-3 yang berasal dari makan ikan berminyak seperti salmon, mackerel dan sarden, atau sejumlah besar buah dan sayuran dapat menunda atau menghentikan perkembangan penyakit Alzheimer," tutur dr Gene Bowman selaku pemimpin studi dari Alzheimer's Research UK, sebagaimana dilansir Times of India, Selasa (17/1/2012).

Jadi para ilmuwan mengklaim bahwa membuat perubahan sederhana dalam diet dapat mencegah kematian dari penyakit Alzheimer.

Selain Alzheimer, asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan mackerel dapat mengurangi risiko penyakit jantung, membantu orang sembuh dari serangan jantung, memperlambat penurunan mental dan risiko demensia (penyakit kejiwaan), serta mengurangi risiko kebutaan.

"Saran yang terbaik saat ini adalah makan diet seimbang dengan banyak buah dan sayuran, dan tetap sehat dengan tidak merokok, melakukan olahraga teratur, dan menjaga tekanan darah dan kolesterol," imbuh dokter.
(tty) {Gustia Martha Putri - Okezone}

0 komentar: