My Ping in TotalPing.com

Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

Fakta Unik tentang Tidur

 
TIDUR siang mungkin telah menjadi aktivitas yang jarang dilakukan oleh seorang mahasiswa. Siapa sangka, dengan tidur siang selama 20 menit saja, mampu menyegarkan kembali pikiran bahkan memperbaiki kondisi mood yang buruk.

Walaupun banyak anggapan yang menilai tidur siang akan mengacaukan waktu tidur malam, kekuatan tidur siang ternyata benar-benar bekerja. Tidur siang dengan durasi kurang dari satu jam saja dapat meningkatkan dan memperbaiki kemampuan otak. Namun, jika lebih dari satu jam, justru akan membuatmu merasa lelah saat bangun. Bahkan, dengan tidur siang selama 20 menit saja akan meningkatkan kewaspadaan serta meningkatkan mood dan produktivitas.

Untuk menghindari jadwal tidur malammu berantakan, cobalah jangan tidur siang terlalu sore. Selain itu, mengatasi lelah di tengah hari dengan tidur siang akan jauh lebih baik daripada segala bentuk asupan kafein. Demikian disitat dari CampusGrotto, Minggu (19/2/2012).

Tidur Berlebihan
Tahukah kamu, tidur yang terlalu lama justru membuatmu merasa mengantuk sepanjang hari. Penderita tidur yang terlalu lama atau hipersomnia akan mengalami masalah kecemasan, lelah, dan daya ingat yang lemah. Bahkan, berbagai penyakit berbahaya juga menghinggapi penderita hipersomnia, seperti diabetes dan jantung.

Jumlah tidur yang dibutuhkan bervariasi bagi tiap orang. Hal ini tergantung dari usia dan tingkat aktivitas, serta kesehatan dan kebiasaan gaya hidup. Penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat dari tidur. Sebab penelitian menunjukkan, orang yang tidur delapan jam atau lebih, atau kurang dari 6,5 jam tidak hidup lebih lama dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur antara 6,5-7,5 jam per hari.

Satu tips jitu, untuk mendapatkan hasil tidur yang optimal, matikan semua peralatan digital seperti komputer dan televisi minimal satu jam sebelum tidur malam. Penelitian menunjukkan, menatap layar komputer yang terang sebelum tidur dapat membuatmu kesulitan tidur.(mrg)(rhs)

0 komentar: