Arsip Blog

Entri Populer

Samarajiwa. Diberdayakan oleh Blogger.

7 alasan yang membuat orang males bangun pagi

1. Ngantuk berat

Ngantuk berat, alias baru bisa tidur sesudah subuh, biasanya para programer dan orang yang rajin bener nih untuk bekerja, saking rajinya sampe lupa kalau dia belum tidur, hahaha galau. Dan kalau programer itu hari enak buat coding itu adalah malam (kata temen saya yang profesinya seorang programer)

2. Abis ngapel sama pacar

Biasanya anak muda jaman sekarang kalau apel suka lupa waktu, alasanya gak ketemu sehari aja, gak usah sehari sejam aja, bahkan sedetikpun seperti udah gak ketemu berpuluh-puluh tahun rasanya (lebay), efeknya males bangun pagi untuk sekolah (bagi yang masih sekolah) dan masih terbayang si dia dalam mimpi indahmu seperti di film india (lari sambil nyanyi mutar-muter diantara pohon-pohon yang ada durinya biar ketusuk duri, terus bangun).

3. Abis minum kopi, terus susah meremnya

Kebanyakan orang sebelum nonton bola pada siap-siap konsumsi, kopi misalnya sebagai pelengkap makanan ringanya. Sebenernya kalau dipikir-pikir lagi orang minum kopi emang gak bisa tidur bukan susah tidur lagi, gimana tidurnya coba orang minum kopi.??

4. Baru putus cinta

Untuk hal yang satu ini emang gak bisa diganggu gugat lagi, orang putus cinta itu bawaanya galauu terus, gak ada semangatnya gitu. Bawaanya ya cuma maless, males bangun, males mandi, males makan, males boker, males pipis (kena penyakit tuh orang).  Biasanya kalau yang cintanya sedang-sedang saja sembuhnya cepet (sekitar 3-4 harian) bisa hidup normal lagi sekarang udah mau bangun pagi, rajin malah (pengen cari yang baru katanya). Beruntunglah bagi anda yang cintanya sedang -sedang saja

5. Udah sukses/kaya

Orang udah kaya, punya uang banyak dan harta hampir 7 turunan gak bakal habis-habis, nih biasanya susah kalau dibangunin, orang udah kaya coba, katanya gak bakal rejeki kepatok ayam, paling kepatok kobra, miskin dadakan deh. galauu lagi. Buat orang kaya ane sih kata "Bangun pagi melancarkan rejeki" itu masih berlaku, gak tau deh buat abang dan abangwati disono. abangwati..??

6. Abis Ronda

Orang abis Ronda itu alasanya banyak banget kalau disuruh bangun, yang nanti dulu, capeklah. nih skenarionya bang:
OR (Orang Ronda), BN alias (Bini)
BN : Pak, bangun udah siang nih..!! (padahal masih jam 5 pagi)
OR : Iya buk,, (sampe jam 7 pagi menjelang siang gak bangun-bangun)
BN : ealah bapak dibangunin dari tadi kok gak bangun-bangun ya? ibuk siram pake air nanti
OR : iya buk, bentar lagi, (jam 8 sudah berlalu)
BN : Byuuuuurrrr (uda disiram air)
OR : aduh ibuk nih pake disiram air segala, gak tau orang abis ronda apa semalam (padahal semalam rondanya cuma 2 jam, dari jam 22-00.00, cuma ngambilin jimpitan terus pulang bobok).

7. Lagi galau

Ini dia, orang galau itu kemauanya susah ditebak, kalau mau jalan kedepan aja mikir dulu, jalan enggak ya jalan enggak ya (gini terus sampe tua), bingung antara bangun enggak ya bangun enggak yaa (yang penting jangan sampe gak bangun-bangun),, galau itu sendiri menurut sumber yang gue baca adalah kebimbangan untuk melakukan yang ingin dilakukan, dan dalam melakukanya engkau dikenai kebingungan yang utuh (sumber temen gue yang bikin grup dari pesbuk, khusus buat orang-orang galau).

(sumber pengalaman sendiri)

Baco Salengkapnyo...

7 Gambar lucu dan unik

1. Discountya SESUATU banget


2. Bole juga nih


3. SULE = Susu Lembang


4. Hati-hati buat para wanita didufan??


5. Semangat pertamini


6. Potongan Harga yang sangat FANTASTIS, mulai dari 1,5 juta jadi 999 JUTA..!!!


7. Dokter kelamin atau dokter gigi nih..???


Gambar ini adalah gambar terlucu menurut gue dari blog tetangga malesbangetdotcom, hahaha asli ngakak bang

Baco Salengkapnyo...

7 Candi di jogja dan sekitarnya

1. Candi Prambanan


Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa indahnya yang dibangun di abad ke-10 pada masa emerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Kurang lebih candi ini memiliki ketinggian 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman yang indah. Candi prambanan adalah mahakarya kebudayaan hindu dari abad ke-10. bangunanya yang langsing menjulang setinggi 47 meter membuat keindahan arsitekturnya tidak tertandingi.

2. Candi Borobudur

Borobudur adalah candi Budha terbesar di abad ke-9 yang berukuran 123 x 123 meter. Candi Borobudur selesai dibangun berabad-abad sebelum Angkor Wat di Kamboja. Siapa tak kenal Candi Borobudur? Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Jutaan orang mendamba untuk mengunjungi bangunan yang termasuk dalam World Wonder Heritages ini. Tak mengherankan, sebab secara arsitektural maupun fungsinya sebagai tempat ibadah, Borobudur memang memikat hati. Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.

3. Candi Ijo
Candi Ijo terletah di desa sambirejo, kecamatan prambanan, Sleman, DI Yogyakarta. Candi Ijo adalah candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta yang menyuguhkan pesona alam dan budaya serta pesawat yang tengah landing. Candi inilah yang membuat landasan Bandara Adisutjipto tak bisa diperpanjang ke arah timur. Menyusuri jalan menuju bagian selatan kompleks Istana Ratu Boko adalah sebuah perjalanan yang mengasyikkan, terutamabagi penikmat wisata budaya.Bagaimana tidak, bangunan candi di sana bertebaran bak cendawan di musim hujan. Satu diantaranya yang belum banyak menjadi perbincangan adalah Candi Ijo, sebuah candi yang letaknya paling tinggi di antara candi-candi lain di Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9, di sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo yang ketinggiannya sekitar 410 m di atas permukaan laut. Karena ketinggiannya, maka bukan saja bangunan candi yang bisa dinikmati tetapi juga pemandangan alam di bawahnya berupa teras-teras seperti di daerah pertanian dengan kemiringan yang curam. Meski bukan daerah yang subur, pemandangan alam di sekitar candi sangat indah untuk dinikmati.

4. Candi Kalasan
Candi kalasan terletak di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.
Dibangun sekitar tahun 778 M yang saat ini tak luput dimakan usia. Kini, bangunan Candi Kalasan sudah tidak utuh lagi seperti semula meskipun candi ini pernah dipugar oleh seorang Belanda pada tahun 1927–1929. Walau demikian, beberapa keistimewaan Candi Kalasan dibandingkan candi lain sampai sekarang masih bisa kita saksikan. Di antaranya, dinding candi yang dilapisi bajralepa yakni semacam semen pelapis sisi luar bangunan yang memberi efek kuning keemasan pada diding candi. Berdasarkan analisis laboratorium unsur bajralepa terdiri dari pasir kwarsa (30%), kalsit (40%), kalkopirit (25%) serta lempung (5%). Selain itu di sisi timur Candi Kalasan, tepat berada di depan tangga masuk, kita bisa menjumpai papan batu langka yang bentuknya hampir setengah lingkaran. Batu monolit ini juga sering disebut batu bulan atau moonstone.
Untuk masuk ke bilik utama Candi Kalasan harus menaiki sejumlah batu candi yang kini susunannya sudah tidak beraturan sehingga perlu berhati-hati. Bentuk candi yang sudah tidak utuh lagi terlihat jelas dari sisi barat. Batuan asli penyusun tubuh candi seperti runtuh separuh sehingga kini bentuk Candi Kalasan bisa dikatakan seperti kubus.

5. Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko terletak di kecamatan Bokoharjo, kabupaten Sleman. Luasnya yang mencapai 16 hektar. membuat wilayah Ratu Boko masuk dalam dua desa, Dawung dan Sambirejo. Lokasinya kurang-lebih 17 km di sebelah timur kota Jogja dan dapat diakses lewat jalan raya Yogyakarta-Solo. Kemudian di pertigaan Prambanan ke arah kanan sekitar 3 km. Jika anda pengguna kendaraan umum, dapat memilih Trans Jogja jalur 1A dan 1B lalu turun di terminal Prambanan. Biayanya hanya  Rp 3.000,- per orang. Dari terminal anda dapat melanjutkan perjalanan ke Ratu Boko dengan ojek.

Tiket untuk masuk ke kompleks Ratu Boko dapat dibeli seharga Rp 10.000,- per orang. Untuk menikmati suasana senja biayanya Rp 35.000,- dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000,-. Candi Ratu Boko hanya berjarak 2 km dari Candi Prambanan, ada fasilitas antar jemput gratis bagi pengunjung untuk tur wisata dari Candi Prambanan yang membeli tiket terusan Rp 25.000,- sedangkan untuk tiket pelajar dan mahasiswa yang datang dengan rombongan minimal 20 orang dikenakan biaya  Rp 5.000.

6. Candi Sambisari
Ketika ujung cangkul menghantam batu yang begitu keras. Kejadian tersebut membuat Bapak Karyowinangun heran dan berhenti sebentar untuk mengetahui yang sedang terjadi. Perlahan mendekati batu itu dan berjongkok untuk melihat lebih dekat lagi. Batu tersebut bercorak pada permukaannya. Bapak Karyowinangun dan warga sekitar pun merasa heran dengan keberadaan bongkahan batu itu. Dinding-dinding candi itu seolah melambai dan ingin menceritakan apa yang telah terjadi dengannya. Lama terkubur tanah akibat erupsi Gunung Merapi yang dahsyat di masa itu. Dari situlah awal diketemukannya sebuah bangunan candi yang berlokasi di Dusun Sambisari Purwomartani Kalasan yang dikenal dengan nama Candi Sambisari. 
Di komplek candi ini di sediakan ruang informasi untuk mengetahui proses penggalian dan rekonstruksi candi yang memakan waktu puluhan tahun. Di ruang informasi ini terdapat dokumentasi foto yang menampilkan kondisi dari area persawahan, proses penggalian dan rekonstruksi candi sampai dengan kondisi sekarang ini. Menata ulang keindahan Candi Sambisari yang kini bisa kita nikmati sekarang ini merupakan hasil kerja keras dari para arkeolog selama dua dasawarsa lebih.


7. Candi Banyunibo
Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi Bayunibo berdiri diantara persawahan yang luas dan terselip diantara rerimbunan pepohonan dan jalan desa yang belum mulus teraspal dari jalan utama menuju kota. Candi Bayunibo adalah peninggalan abad ke-9 yang diketemukan kembali pada tahun 1940. Candi Buddha yang berukuran kurang lebih 16m x 15m dengan tinggi 15m diperkirakan adalah candi induk yang memiliki enam buah candi perwara (pendamping) yang berada disisi selatan dan timur candi induk. Sekarang ini candi perwara hanyalah sebuah alas stupa dengan puing-puing batu yang berserakan.

Nah, daripada penasaran silahkan datang kejogja untuk menikmati keindahan alam dan budayanya. gak hanya candi yang terdapat dijogja tapi masih banyak lagi tempat wisata berupa pantai, goa, dan beberapa wisata kuliner yang gak kalah enaknya dengan makanan orang eropa. hehehe


sumber informasi kotajogja.com

Baco Salengkapnyo...

Inilah Cara Otak Manusia Membentuk Kalimat


Headline
Add caption
straitstimes.com
Oleh: Billy A Banggawan



Sudah lama diketahui, daerah itu terhubung satu sama lain oleh jalur ‘materi putih’ atas dan bawah yang merupakan string sel lipid dan membawa sinyal saraf. Bagian ini juga belum dipelajari mengingat luasnya fungsi neuron.
Hasil riset terbaru yang diterbitkan jurnal Neuron mengungkap
untuk pertama kalinya peran penting dan berbeda yang dimainkan dua jalur ini. Sementara kosa kata diakses sepanjang jalur yang lebih rendah, arti kombinasi kata diakses sepanjang jalur atas.
Untuk sampai pada kesimpulan itu, para peneliti menggunakan pencitraan resonansi magnetik (MRI) untuk memvisualisasiotak pasien penderita neurodegenerative yang disebut ‘aphasias’ yang mempengaruhi kemampuan bahasa mereka. Di saat sama, kemampuan pasien memahami kalimat diuji.
Para peneliti menemukan perbedaan jelas antara pasien yang memiliki kerusakan pada jalur bahasa bagian atas dan jalur bawah. Terungkap, rute terpisah penggunaan otak memanfaatkan informasi yang tersimpan di daerah Broca dan Wernicke. “Jika jalur bawah Anda rusak, kerusakan ada di leksikon dan semantik,” jelas pemimpin peneliti Stephen Wilson dari University of Arizona.
Seringkali orang lupa nama sesuatu, lupa arti kata namun secara mengejutkan, sangat pandai dalam membangun kalimat, lanjutnya. “Kerusakan di jalur atas berakibat sebaliknya, pasien bisa mengetahui nama dengan cukup baik, tahu arti kata dan memahaminya namun ketika diminta mengingat untuk mencari tahu arti kalimat yang kompleks, mereka gagal,” katanya.
Jika sulit memahami ini, contoh sederhananya, para peneliti menanyai pasien. “Seorang pria sedang berjalan di sepanjang rel kereta api. Dia tak mendengar kereta datang. Apa yang terjadi pada orang itu?.”
Kebanyakan orang normal akan menjawab, “Orang itu ditabrak kereta api.” Hasil studi ini menemukan, orang yang jalur bahasa atasnya rusak namun jalur bawah sempurna utuh akan menjawab “kereta api, pria, tertabrak.”
Hal ini mengingatkan pada bahasa primitif yang bisa diperoleh simpanse, seperti Nim Chimpsky, seekor simpanse yang diajarkan bahasa isyarat ilmuwan pada 1970. Nim tak memiliki kapasitas sintaks dan akan menandai rangkaian kata secara acak seperti ‘Beri saya beri jeruk makan jeruk makan jeruk saya memberi saya makan jeruk memberikan Anda’.
Sebaliknya, para peneliti menguji pemahaman kalimat pasien dengan menyajikan kalimat seperti, “Gadis yang mendorong anak itu berwarna hijau,” dan kemudian menanyakan mana dari dua gambar yang menggambarkan skenario akurat itu. Gambar itu sendiri menampilkan, gadis hijau mendorong anak dan gadis mendorong anak hijau.
“Orang yang jalur bawahnya rusak bisa melakukan hal ini dengan sangat baik. Hal ini menunjukkan, kerusakan pada jalur ini tak mengganggu kemampuan manusia menggunakan fungsi kecil kata-kata atau ujung fungsional pada kata-kata untuk mengetahui hubungan antara kata-kata dalam kalimat,” kata Wilson. Namun kelompok pasien dengan yang rusak jalur atasnya tak mengetahui beda gadis hijau dan anak hijau. [mdr]

Baco Salengkapnyo...

Deteksi Kesehatan Lewat Kecepatan Berjalan

Ada hubungan antara kecepatan berjalan dan kondisi kesehatan tubuh di masa depan. 

 

Deteksi Kesehatan Lewat Kecepatan Berjalan

Ada hubungan antara kecepatan berjalan dan kondisi kesehatan tubuh di masa depan.


Mengukur kecepatan berjalan  

VIVAnews - Langkah kaki bisa memberi petunjuk visual yang berhubungan dengan kondisi kesehatan kognitif. Studi Boston Medical Centre Amerika menemukan hubungan antara kecepatan berjalan dan risiko demensia.

Seperti dikutip huffingtonpost.co.uk, mereka yang memiliki gaya berjalan lambat berisiko mengalami penurunan daya ingat lebih buruk di masa depan, dibandingkan mereka yang terbiasa melangkah dengan ritme cepat.

Selain langkah kaki, penelitian ini juga mengaitkan risiko demensia dengan kekuatan pegangan tangan. Mereka yang memiliki kekuatan genggaman lemah memiliki risiko
penurunan daya ingat lebih buruk di masa depan.

Kesimpulan tersebut muncul melalui serangkaian tes terhadap 2.400 pria dan wanita berusia sekitar 62 tahun. Dengan periode analisis selama 11 tahun, tes mencakup kecepatan berjalan, kekuatan pegangan tangan, dan kualitas fungsi kognitif.

Berdasar hasil pemindaian otak, sebanyak 34 responden mengembangkan demensia selama periode 11 tahun. Sementara 70 responden lainnya mengalami stroke.

Hasil analisis memperlihatkan bahwa mereka yang memiliki langkah kaki lambat 1,5 kali lebih mungkin mengembangkan demensia. Sementara mereka yang memiliki pegangan tangan kuat memiliki risiko 42 persen lebih rendah mengalami stroke di atas usia 65 tahun.

"Ini hanya tes dasar tentang risiko demensia dan stroke yang dapat dengan mudah dilakukan seorang ahli saraf dan dokter umum," kata Dr Erica Camargo, yang terlibat dalam penelitian ini.

Meski temuan ini memberikan pencerahan mengenai tanda-tanda awal demensia, peneliti masih memerlukan studi lebih lanjut untuk mengungkap secara detail hubungan yang muncul.

Dr Marie Janson, direktur pengembangan di Lembaga Penelitian Alzheimer Inggris, setuju dengan rencana penelitian lanjutan tersebut lantaran masih ada sejumlah pertanyaan mengganjal.

"Apakah masalah fisik, seperti kesulitan berjalan, bisa menjadi pertanda awal terkait demensia. Lalu, apakah responden-responden itu memiliki masalah kesehatan lain yang mungkin memengaruhi kecepatan berjalan," katanya.

Meski demikian, Janson melihat temuan ini sebagai investasi penting untuk menemukan cara efektif mengobati dan mencegah demensia.

Yang pasti, ini bukan satu-satunya penelitian yang mengaitkan kecepatan berjalan dengan kondisi kesehatan. Pada 2009, sebuah penelitian mengungkap hubungan kuat antara kecepatan berjalan dan risiko penyakit jantung. Penelitian lain yang dipublikasikan Journal of the American Medical Association, juga memperlihatkan hubungan antara kecepatan berjalan dan tingkat harapan hidup.
Dr Anne Corbett dari Masyarakat Alzheimer, tetap mengingatkan pentingnya gaya hidup sehat untuk kesehatan jangka panjang. "Kami merekomendasikan diet seimbang yang sehat, tidak merokok, menjaga berat badan, berolahraga teratur, dan rutin memeriksa tekanan darah dan kolesterol." (hp).
• VIVAnews

Baco Salengkapnyo...

Makanan yang Meningkatkan Daya Ingat

Add caption

Intisari-Online.com  Apakah saat ini Anda mulai sering diingatkan orang lain mengenai sesuatu? Apakah Anda mulai merasa butuh lebih banyak catatan atau mulai rajin menuliskan reminder pada komputer atau ponsel? Jika iya, mungkin kemampuan ingatan Anda sudah (sedikit) berkurang.

Namun, terutama bagi yang telah “berumur”, hal itu wajar terjadi. Hampir semua orang mengalaminya. Untungnya masih ada cara untuk mengakalinya. Tentu saja jawabannya
bukan berada pada tablet atau kapsul, melainkan melalui makanan-makanan bernutrisi.
Pada tahun 1997 Journal of the American Geriatric Society melakukan penelitian yang menunjukan bahwa pasien dengan kadar vitamin C dan beta karotin yang tinggi pada darahnya memiliki nilai lebih baik ketika menjalani ujian kemampuan mengingat, perbendaharaan kata, dan dalam mengenal sesuatu. Wajar kiranya karena temuan lain menunjukan bahwa kedua vitamin tersebut berperan sebagai anti oksidan yang dapat mencegah kerusakan pada sel otak (dan tentu saja bagian tubuh lainnya).
Zat lain yang diperlukan untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan berlajar adalah omega 3, terutama bagi mereka yang sudah dewasa dan memiliki masalah kognitif yang kecil. Pernyataan tersebut berdasarkan penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of the Alzheimer's Association. Omega 3 biasanya ditemukan dalam bentuk suplemen, namun beberapa juga ditemukan dalam makanan-makanan tertentu.
Perlu ditekankan bahwa zat-zat tersebut tidak dapat bekerja sendiri. Walaupun memang dapat membantu meningkatkan atau mempertahankan daya ingat. Namun, semakin banyak jenis nutrisi yang diserap tubuh, maka kemampuan otak akan semakin baik.
Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya ingat adalah:
  • Avokad: Avokad baik untuk dikonsumsi malam hari. Kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi.
  • Wortel: Termasuk makanan yang sangat mudah dikonsumsi. Baik untuk dicampurkan pada salad. Kaya akan bera karotin.
  • Ikan: Salmon dan tuna bisa menjadi pilihan makanan untuk meningkatkan daya ingat. Usahakan untuk memakannya seminggu sekali. Kandungan omega-3 pada ikan sangat tinggi.
  • Kenari: Biji kenari kaya akan omega-3. Ini bisa jadi solusi bagi mereka yang tidak menyukai ikan.
  • Ubi jalar: Bagi mereka yang senang mengkonsumsi kentang, saatnya menggantinya dengan ubi jalar. Beta karotin dapat ditemui dalam jenis makanan ini. (MyHealthNewsDaily)

Baco Salengkapnyo...